Monday, 20 May 2024
HomeBeritaTuan Rumah Piala Dunia 2026 Tiga Negara, Begini Formatnya

Tuan Rumah Piala Dunia 2026 Tiga Negara, Begini Formatnya

Bogordaily.net – Tuan rumah sudah disiapkan. Tuan rumah pesta sepak bola itu tidak lagi diselenggarakan satu negara, tapi tiga negara sekaligus.

Seperti apa jadinya penyelenggaraan nanti? Penasaran? Berikut akan diulas mengenai gebrakan baru FIFA tersebut.

Tiga negara yang akan jadi tuan rumah itu yakni, Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada. Pesertanya pun juga bertambah, bukan lagi 32 negara tapi bertambah jadi 48 negara.

Aturan main itu merupakan gebrakan dan format baru yang dilakukan Federasi Sepakbola Dunia atau FIFA.

Piala dunia nanti itu akan menjadi piala dunia dengan peserta terbanyak untuk pertama kalinya.

Nanti itu berarti akan ada 16 tim tambahan yang ambil bagian di . Sesuai jatah, Eropa mempunyai slot paling banyak untuk tampil di yakni bakal diwakilkan 16 negara.

Kemudian Asia diwakili delapan negara, Afrika (sembilan), Amerika Utara dan Tengah (enam), Amerika Selatan (enam) dan Oseania (satu). Jika dihitung, baru ada 46 negara yang lolos. Nantinya, dua slot sisa diperebutkan melalui babak playoff antarkonfederasi.

Format Turnamen

Format turnamen juga berbeda ketimbang Piala Dunia 2022 atau edisi-edisi sebelumnya, mengingat jumlah peserta yang sangat banyak. Untuk , ada dua skema yang mungkin digunakan.

Pertama sebanyak 16 grup akan diundi, yang mana masing-masing grupnya berisikan tiga tim. Tim yang finis di posisi pertama bakal lolos ke 16 besar .

Format lainnya adalah, sebanyak 12 grup akan diundi dan masing-masing grupnya berisikan empat negara. Hal itu berarti, juara grup otomatis lolos ke 16 besar dan kemudian dicari empat runner-up terbaik. Di , ada 16 kota yang menjadi tuan rumah.

Selain itu, sebanyak 16 stadion juga akan menjadi venue ajang empat tahunan ini.

Sekarang yang jadi pertanyaan, sanggupkah Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong lolos ke , mengingat slot Asia bakal bertambah. Meski peluangnya kecil, seperti yang kita tahu tak ada yang mustahil di sepakbola.

Demikian ulasan mengenai tuan rumah tiga negara. Terbaru dan terbanyak yang pertama.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here