Saturday, 27 April 2024
HomeNasionalUIKA Bogor Beri Trauma Healing pada Anak-Anak Korban Gempa Cianjur

UIKA Bogor Beri Trauma Healing pada Anak-Anak Korban Gempa Cianjur

Bogordaily.net – Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor melaksanakan trauma healing kepada anak-anak pengungsi korban di kampung Pakalongan, Desa Padaluyu, Kecamatan Cugenang, , Jawa Barat, Jumat, 2 Desember 2022.

Kegiatan ini melibatkan dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Fakultas Agama Islam (FAI), Putri Ria Angelina. S.Pd.,M.Pd., Kons dan beberapa mahasiswa BKPI dibantu oleh sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti Pramuka, Paduan Suara (PADUS) Gita Astama dan Korps Sukarela (KSR) PMI .

Dalam pelaksanaannya, kegiatan trauma healing ini disi dengan kegiatan yang menghibur seperti mengajak anak-anak bermain, bernyanyi dan bergembira juga pemberian hadiah dan snack.

Putri Ria Angelina. S.Pd.,M.Pd., Kons menjelaskan, bahwa bencana gempa telah menyebabkan korban mengalami berbagai macam trauma.

“Diharapkan dengan kegiatan trauma healing dari , anak-anak dan masyarakat secara emosi bisa lebih tenang, lebih stabil,” kata Putri Ria Angelina kepada Bogordaily.net, Jumat, 2 Desember 2022.

Menurut Sekretaris Program Studi BKKPI tersebut, trauma healing dapat menjadi langkah yang tepat bagi para korban bencana  untuk bisa menyembuhkan diri dari tragedi pasca bencana.

“Sehingga dapat memberi motivasi atau penguatan secara psikologis untuk membangkitkan kembali semangat hidup masyarakat akibat gempa,” jelasnya.

Trauma healing merupakan suatu proses pemulihan emosi buruk efek kejadian traumatis di masa lalu. Upaya ini biasanya dilakukan agar seseorang dapat bertahan hidup kembali tanpa bayang-bayang ketakutan masa lalu. (Albin Pandita)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here