Friday, 26 April 2024
HomeNasionalUpdate Gempa Garut: Jumlah Korban dan Kerusakan

Update Gempa Garut: Jumlah Korban dan Kerusakan

Bogordaily.net–  bumi M 6,1 yang sebelumnya disebut M 6,4 mengguncang , Jawa Barat, Sabtu, 3 Desember 2022 pukul 16.49 WIB. Hingga Sabtu, 3 November 2022 malam, di menyebabkan kerusakan sejumlah bangunan dan korban luka.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan bumi dirasakan cukup kuat selama 4-5 detik di Kabupaten , Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Bandung.

Suharyanto yang saat ini masih berada di Posko Darurat Bencana Gempabumi M 5,6 Cianjur ikut turut merasakannya.

“Cukup kuat selama 4-5 detik di Kabupaten , Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Bandung,” ujar Suharyanto dalam keterangan pers yang dilansir dari laman BNPB.

Sementara itu, data kerusakan yang dihimpun oleh Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB terdapat sebanyak empat rumah rusak dan satu unit sekolah. Tak hanya itu, terdapat satu warga Desa Putrajawa, Kecamatan Selaawi mengalami luka-luka dan sudah dibawa ke puskesmas terdekat.

“Untuk sementara yang diterima adalah empat unit rumah rusak di Kabupaten Garut, dan 1 unit sekolah, SDN Jatiwanti 1 juga rusak. Ada satu korban jiwa mengalami luka-luka dan sudah dibawa ke puskesmas setempat,” kata Suharyanto.

Menyikapi adanya gempabumi Garut, ia akan segera mengirimkan tim untuk membantu pendampingan daerah dan kaji cepat serta kebutuhan lain yang diperlukan. Sementara itu, perkembangan informasi darurat terkait gempabumi Garut akan disampaikan secara berkala.

“Saya dengan seluruh tim dan BPBD ini segera akan mengumpulkan informasi dan dan keterangan lebih lanjut dan setiap perkembangan informasi yang diperoleh akan diinformasikan kepada masyarakat,” lanjut Suharyanto.

Sebelumnya diberitakan Garut diguncang bumi. Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bumi baru saja terjadi , Sabtu 3 Desember 2022, pukul 16.49 WIB.

Dilansir dari laman BMKG, kekuatan yaitu M 6,4 (kekinian M 6,1). Pusatnya berada di koordinat 7.51 LS dan 107.52 BT atau sekitar 52 km sebelah Barat Daya Kabupaten Garut, Jawa Barat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here