Friday, 29 March 2024
HomeBeritaVirus Zombie Ditemukan Ilmuwan, Apa Itu?

Virus Zombie Ditemukan Ilmuwan, Apa Itu?

Bogordaily.net–  Sejumlah ilmuwan menemukan yang terkubur selama puluhan ribu tahun di Rusia belum lama ini. Apa itu dan berbahaya kah bagi manusia? Dilansir dari laman Klikdokter.com berikut penjelasan seputar .

berasal dari permafrost di Siberia, Rusia. Permafrost merupakan lapisan beku permanen yang dapat ditemukan di darat maupun di dasar laut.

Menurut dr. Devia Irine Putri, adalah istilah yang digunakan para peneliti untuk melabeli virus yang ditemukan membeku di es dan sedang tertidur, tetapi diduga bisa aktif kembali. Nah, mencairnya permafrost bisa jadi penyebab kemunculan .

Para peneliti dari French National Centre for Scientific Research setidaknya menemukan 13 patogen yang terperangkap selama ribuan tahun di permafrost Siberia.

Virus zombi ini dinamakan sebagai Pandoravirus yedoma. Salah satu virus yang ditemukan diperkirakan terkubur di bawah danau selama lebih dari 48.500 tahun.  Pandoravirus yedoma tergolong sebagai virus raksasa. Ukurannya cukup besar ketika dilihat menggunakan mikroskop cahaya.

Para ilmuwan mengisolasi Pandoravirus yedoma. Tujuannya untuk mengetahui seberapa berbahaya satu ini.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Pandoravirus yedoma adalah jenis virus yang menginfeksi amuba, yaitu organisme kecil bersel tunggal yang hidup di kawasan lembap.

Meski demikian, Jean-Marie Alempic, ahli mikrobiologi dari French National Centre for Scientific Research, mengungkapkan potensi bahaya dari lain yang terkubur di permafrost Rusia. Menurutnya, ada virus zombi yang dapat menyebar ke manusia maupun hewan.

Meski demikian, Direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases, Anthony S. Fauci  menyebut peluang penularan wabah ke manusia sangatlah kecil.

Sebab virus penyebab penyakit pada manusia tidak sanggup bertahan melalui siklus pembekuan dan pencairan berulang seperti di permafrost.

Para ahli virologi justru lebih mewaspadai perkembangan virus yang terbukti jadi ancaman nyata bagi manusia selama bertahun-tahun. Contoh virus yang dimaksud, yaitu virus penyebab ebola, kolera, demam berdarah, dan flu.

Diperlukan penelitian lanjutan mengenai bahaya . Untuk mencegah bahaya virus lainnya, #JagaSehatmu dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here