Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaWajib Coba! Nih 5 Jenis Makanan Penurun Kolesterol

Wajib Coba! Nih 5 Jenis Makanan Penurun Kolesterol

Bogordaily.net–  Agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke, penderita tinggi sebaiknya mulai mengontrol pola makan. Makanan penurun dapat berupa makanan yang rendah jahat atau mengandung LDL (low-density lipoprotein) dengan kadar rendah, atau bisa juga jenis makanan yang terdapat baik atau HDL (high-density lipoprotein) dengan kadar tinggi. Melansir YourSay.id dari laman healthline.com, berikut beberapa contoh jenis makanan penurun yang bisa dicoba:

Alpukat

Beberapa studi klinis menunjukkan bahwa mengonsumsi alpukat efektif menurunkan jahat atau LDL dalam tubuh. Gak hanya itu, baik pun atau HDL akan meningkat. Alpukat menjadi salah satu makanan penurun sebab kaya akan serat serta lemak tak jenuh. Untuk mengonsumsinya, bisa secara langsung atau dijadikan jus. Hanya saja, sebisa mungkin hindari pemanis buatan atau menambahkannya dengan gula, ya.

Kacang

Selain alpukat, kacang-kacangan juga sangat baik untuk menurunkan . Ini disebabkan kacang-kacangan mengandung serat, mineral dan protein yang baik untuk mengontrol dalam tubuh, yakni dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL. Sebagai tambahan, kacang-kacangan juga mengandung kalsium, magnesium, dan potasium yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Jenis kacang-kacangan yang bisa kamu konsumsi, antara lain kacang almon, kenari, atau kacang polong.

Oat

Makanan penurun kolesterol berikutnya adalah oat karena mengandung beta-glukan, salah satu jenis serat larut yang bisa menurunkan kolesterol jahat. Selain oat, kamu juga bisa mengonsumsi produk gandum utuh. Konsumsi biji-bijian atau gandum utuh gak hanya bisa menurunkan kolesterol, tapi juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung yang kerap terjadi akibat kolesterol tinggi dalam tubuh.

Ikan salmon dan tuna

Salmon dan tuna termasuk dalam kelompok ikan berminyak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh karena mengandung omega-3. Selain itu, omega-3 juga dapat mengurangi risiko peradangan dan stroke.

Kentang

Makanan selanjutnya yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol, adalah kentang. Kentang mengandung pektin, yakni serat larut yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, kentang juga mengandung potasium yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here