Monday, 29 April 2024
HomeNasionalWaspada, Gunung Anak Krakatau Berstatus Siaga

Waspada, Gunung Anak Krakatau Berstatus Siaga

Bogordaily.net Anak Krakatau Lampung mengalami erupsi pada Kamis, 15 Desember 2022 pukul 09.35 WIB. Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi () kolom abu setinggi 100 meter di atas puncak.

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (), Hendra Gunawan mengatakan kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur laut.

Menurut Hendra Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 7 mm dan durasi ± 1 menit 9 detik. “Tapi, tak terdengar suara dentuman,” ujar Hendra kepada wartawan, dikutip dari PMJ.

Saat ini, lanjut Hendra, Anak berada pada Status Level III (Siaga). Adapun rekomendasinya, masyarakat atau wisatawan dan pendaki tidak mendekati .

“Kami juga meminta agar masyarakat beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif,” tukasnya.

Sebelumnya, Badan Geologi Kementerian ESDM merekam pada Senin, 18 Juli pukul 08.26 WIB tinggi kolom erupsi mencapai +- 2000 m di atas puncak, dengan amplitudo maksimum 53 mm dan durasi 127 detik.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agung Pribadi menyampaikan agar masyarakat tetap waspada, tidak beraktivitas di daerah potensi bahaya, dan mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Anak Krakaktau.

“Sehubungan dengan tingginya pergerakan aktivitas Anak , kami merekomendasikan agar masyarakat tidak diperbolehkan mendekati Anak Krakatau dalam radius 5 km dari kawah aktif,” kata Agung di Jakarta sebagaimana dilansir CNBC Indonesia, Senin, 18 Juli 2022.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here