Thursday, 2 May 2024
HomeNasionalYudo Margono Resmi Dilantik Jadi Panglima TNI, Ini Pesan Jokowi

Yudo Margono Resmi Dilantik Jadi Panglima TNI, Ini Pesan Jokowi

Bogordaily.net–  Presiden Joko Widodo () resmi melantik Laksamana sebagai Panglima TNI, Senin, 19 Desember 2022. menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang telah selesai mengemban amanah sebagai Panglima TNI.

Usai pelantikan, menyampaikan arahan untuk Yudo di antaranya terkait kedaulatan NKRI yang harus terus dijaga.

“Saya sudah pesan ke Panglima TNI untuk yang pertama menjaga kedaulatan NKRI, yang kedua menjaga kesatuan dan persatuan kita,” ujar Presiden kepada wartawan usai pelantikan dilansir Suara.com.

Presiden juga meminta Panglima TNI untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI agar kepercayaan masyarakat terhadap TNI yang saat ini sudah tinggi dapat terus dipertahankan.

Kepercayaan masyarakat kepada TNI sekarang ini, katanya sudah paling tinggi. Kepercayaan ini harus dijaga terus dengan profesionalisme di tubuh TNI yang terus harus ditingkatkan.

Soal pemilihan umum (pemilu) yang akan berlangsung 2024, menegaskan pentingnya TNI untuk tetap menjaga netralitas sehingga tidak terjerumus ke dalam politik praktis. Selain itu, sinergi TNI dengan Polri juga harus ditingkatkan untuk menjaga situasi kondusif di dalam negeri.

Presiden juga memberi arahan khusus terkait konflik di Papua dan menekankan pentingnya pendekatan humanis disertai ketegasan untuk menyelesaikan sejumlah permasalahan di Papua. Terutama yang berkaitan dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

“Karena kalau kita tidak tegas, di sana KKB selalu berbuat seperti itu ya enggak akan selesai-selesai masalahnya,” ujar .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here