Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaSerbu Bandara, 12 Orang Tewas dalam Kerusuhan Peru

Serbu Bandara, 12 Orang Tewas dalam Kerusuhan Peru

Bogordaily.net–  Bentrokan terjadi antara aparat dan demonstran di . Aksi demonstrasi yang berujung kerusuhan di ini pun menelan korban jiwa. Dilaporkan 12 orang tewas saat berupaya menyerbu salah satu bandara di Kota Juliaca, .

Dilansir dari CNN Indonesia, seorang pejabat di Rumah Sakit Calos Monge mengatakan mereka menemukan luka tembak di tubuh para demonstran yang tewas itu.

Dengan insiden terbaru ini, total 34 orang tewas dalam demonstrasi akibat krisis politik di dalam beberapa bulan belakangan.

“Yang terjadi di adalah orang saling bunuh. Saya meminta semuanya tenang,” ujar Wali Kota Juliaca, Oscar Caceres, dikutip AFP.

Sementara itu terjerumus dalam konflik politik berkepanjangan dalam beberapa bulan terakhir. Belakangan, para demonstran meminta Presiden Dina Boluarte mundur.

Boluarte baru dilantik untuk menggantikan Pedro Castillo yang dimakzulkan pada 7 Desember lalu usai dilengserkan ketika berupaya membubarkan parlemen dan memerintah berdasarkan dekrit.

Aparat menahan Castillo ketika mantan presiden itu dalam perjalanan menuju kedutaan besar Meksiko untuk mencari suaka.

Usai Castillo lengser, terus membara. Warga menuntut Boluarte mundur dan menggelar pemilu lebih cepat.

seharusnya menggelar pemilu pada 2026 mendatang. Namun, untuk meredam amarah demonstran, Boluarte mengajukan percepatan pemilu menjadi 2024.

Para pengunjuk rasa pun mendesak pemilu digelar sesegera mungkin sehingga Boluarte kembali mengajukan usulan mempercepat pemilu menjadi Desember 2023.

Sebelumnya pada Rabu, 14 Desember 2022 lalu, mendeklarasikan status darurat lantaran krisis politik di negara itu memicu kerusuhan berdarah.

Menteri Pertahanan , Alberto Otarola, mengumumkan status darurat itu berlaku selama 30 hari.

Ia mengatakan bahwa status darurat diberlakukan karena “tindakan vandalisme dan kekerasan” hingga penutupan jalan di tengah kerusuhan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here