Thursday, 29 February 2024
HomeNasional3 Daerah Berpotensi Banjir Tinggi Bulan Ini Menurut BMKG

3 Daerah Berpotensi Banjir Tinggi Bulan Ini Menurut BMKG

Bogordaily.net () menyebut ada tiga daerah di Indonesia yang berpotensi kategori tinggi pada Januari 2023 ini. Di antaranya Banten, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Sulawesi Selatan.

“Untuk Dasarian I Januari 2023, wilayah Indonesia yang diprakirakan memiliki potensi dengan kategori tinggi meliputi Banten (Kabupaten Pandeglang),” ungkap dalam keterangannya, Jumat, 6 Januari 2023.

“(Kemudian) Nusa Tenggara Timur (Kabupaten Kupang, Kota Kupang), dan Sulawesi Selatan (Kabupaten Barru, Bone Gowa, Jeneponto, Kota Makassar, Maros, Pangkajene Kepulauan, Soppeng, Takalar),” sambungnya.

Berdasarkan jumlah Zona Musim (ZOM), menjelaskan sebanyak 76 persen wilayah Indonesia sudah masuk musim hujan. Wilayah yang sudah mengalami musim hujan meliputi sebagian besar Sumatera, dan Jawa.

Selain itu, daerah lainnya antar lain Bali, Kalimantan, NTB, NTT, Sulawesi, Papua Barat dan Papua, sebagian Maluku Utara bagian Utara dan Selatan, serta Maluku bagian Tengah.

juga melaporkan curah hujan pada Dasarian III Desember 2022 umumnya berada di kriteria Rendah -Menengah (20 – 150 mm/dasarian).

Curah hujan kategori Tinggi hingga Sangat Tinggi (lebih dari 150 mm/dasarian) terjadi di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat bagian Selatan, sebagian Jawa Tengah, Yogyakarta, sebagian Jawa Timur, Bali, sebagian NTT dan NTB, Sulawesi Selatan bagian Selatan, Kalimantan Utara bagian Utara, dan sebagian Maluku.

Pada Dasarian I Desember 2022 umumnya curah hujan berada di kriteria rendah-menengah (20 – 150 mm/dasarian).

Wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kriteria rendah (kurang dari 50 mm/dasarian) berada di sebagian besar Sumatera, Sulawesi, Maluku, Papua Barat, sebagian Maluku dan Papua, sebagian kecil Jawa, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara.

Wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kriteria menengah (50 – 150 mm/dasarian) berada di sebagian besar Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Papua, sebagian Sumatera bag tengah-selatan, Maluku, sebagian kecil Malut, Sulawesi, Papua Barat.

“Wilayah yang diprediksikan mengalami hujan kategori tinggi-sangat tinggi (lebih dari 150 mm/dasarian) meliputi sebagian Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, sebagian Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, dan Sulawesi Selatan,” tukasnya.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here