Saturday, 20 April 2024
HomeBerita3 Manfaat Lobak untuk Kesehatan, Kontrol Kadar Gula

3 Manfaat Lobak untuk Kesehatan, Kontrol Kadar Gula

Bogordaily.net – bisa dikonsumsi baik matang ataupun mentah dan juga bisa ditemukan dalam olahan salad hingga hidangan berkuah. Selain itu, juga telah lama diketahui memiliki manfaat sebagai pengobatan tradisional di Asia seperti Cina, Jepang dan Korea. Biasanya digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan seperti demam, sakit tenggorokan, gangguan empedu, dan peradangan.

Dalam juga terdapat kandungan lain seperti vitamin B, kolin, antioksidan, dan mineral penting lain, misalnya zinc, zat besi, mangan, natrium, selenium, dan magnesium.

Seperti dirangkum dari Alodokter, berikut ini adalah manfaat bagi kesehatan yang mungkin jarang orang ketahui :

1. Sistem pencernaan lancar

Dalam yang mengandung serat ini dan apabila dikonsumsi secara rutin bisa menjaga kesehatan pencernaan terutama mencegah sembelit.

Selain itu, dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi jus hal ini bisa melindungi lambung dan mencegah terjadinya tukak lambung atau maag.

2. Berat badan turun

Manfaat yang lainnya adalah baik untuk sistem pencernaan sehingga bisa menurunkan berat badan. Hal ini lantaran serat pada ini bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi.

Kemudian juga lebih rendah kalori, bebas lemak sehingga cocok dijadikan sebagai camilan sehat dalam rangka menunjang diet.

3. Mengontrol kadar gula darah

Lobak juga mengandung berbagai senyawa kimia seperti glukosinolat dan isothiocyanate, yang mana bisa mengontrol kadar gula dalam darah.

Pasalnya, lobak bisa memperbaiki kinerja hormon insulin, sehingga baik untuk penderita diabetes dan juga mencegah resistensi insulin.

Selain itu, lobak juga termasuk ke dalam makanan yang mempunyai indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak cepat meningkatkan kadar gula darah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here