Thursday, 25 April 2024
HomeBerita5 Cara Atasi Saraf Kejepit Secara Alami, Lakukan Stretching

5 Cara Atasi Saraf Kejepit Secara Alami, Lakukan Stretching

Bogordaily.net – Berikut adalah cara atasi kejepit atau disebut (HNP) atau herniated disc. Penyakit ini muncul saat bagian bantalan lembut, yang terdapat pada jaringan yang terletak di antara tulang bagian belakang, mengalami dorongan keluar.

Masalah ini kerap memicu munculnya mati rasa, nyeri, dan lemah pada bagian tubuh yang mengalaminya. Kondisi ini sendiri terjadi karena beberapa hal seperti kegemukan, cedera, hingga posisi tubuh yang keliru, tetapi tetap dilakukan berulang kali.

“Beberapa kejepit membutuhkan perawatan profesional untuk mengobatinya. Namun, beberapa gejala kejepit ringan dapat diminimalisir kondisinya di rumah,” jelas dr Hascalovici seperti dikutip dari Healthline.

Berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kejepit secara alami:

1. Atur Ulang Postur Tubuh

Ketika mengalami terjepit, ada baiknya kamu mengubah postur tubuh ketika duduk atau berdiri untuk membantu mengurangi rasa nyeri. Kamu bisa memakai bantal, menyetel kursi duduk, atau memakai sandaran leher.

“Duduk atau berbaring dalam posisi tertentu dapat membantu meringankan rasa sakit,” ujar, dokter spesialis manajemen nyeri intervensi tulang belakang dan leher di Atlantic Spine Center, dr Kaliq Chang.

Misalnya, seseorang mengalami kejepit di leher atau punggung bawah, mungkin bisa mencoba meringkuk ke posisi janin di dalam rahim untuk menghindari rasa sakitnya.

2. Usahakan Lebih Banyak Berdiri

Dokter akan merekomendasikan Anda lebih banyak berdiri daripada duduk. Berdiri dan bergerak lebih sering di siang hari sangat penting untuk mencegah dan mengobati kejepit di batang tubuh atau tubuh bagian bawah.

Jika Anda bekerja di kantor dan sedang alami gejala ringan kejepit, usahakan bekerja di meja berdiri, sehingga Anda dapat berdiri saat bekerja. Bila tidak memungkinkan, pastikan sering bangkit dari kursi kerja dan lebih sering jalan di dalam kantor.

3. Ubah Posisi Keyboard

Pada beberapa kasus kejepit dirasakan penderitanya di pergelangan tangan atau lengan bawah, sehingga mengubah posisi keyboard jadi solusinya.

Idealnya itu keyboard harus diposisikan sedemikian rupa sehingga Anda sejajar dengan pergelangan tangan. Ini berarti pergelangan tangan tidak menekuk ke bawah atau ke atas saat menyentuh keyboard.

4. Stretching

Menurut dr Hascalovici, selain istirahat orang dengan saraf kejepit mesti rutin melakukan peregangan. Ini dapat mengatasi masalah dalam beberapa hari.

“Peregangan yang ringan dan dilakukan dengan sangat lembut dapat membantu meredakan tekanan pada saraf dan memperbaiki gejala,” ungkap Hascalovici.

5. Kompres Es atau Hangat

Jika saraf kejepit baru terjadi, dr Hascalovici menyarankan kompres es. “Kompres es dapat digunakan untuk menurunkan level nyeri. Setelah itu, Anda bisa melakukan pijatan lembut di area yang nyeri selama lima menit kurang lebih,” sarannya.

Setelah nyeri berkurang, kompres air hangat dapat mengendurkan otot yang mungkin tegang di sekitar saraf kejepit.

Panas juga dapat melancarkan aliran darah yang dapat membantu proses penyembuhan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here