Friday, 29 March 2024
HomeBerita5 Manfaat Makan Tomat, Turunkan Kadar Kolesterol

5 Manfaat Makan Tomat, Turunkan Kadar Kolesterol

Bogordaily.net – Selain bagus untuk kesehatan mata, manfaat buah yang memiliki warna merah ini ternyata dikemas dengan berbagai manfaat kesehatan seperti mengurangi kadar kolesterol.

juga dikenal sebagai buah yang rendah kalori dan lemak serta kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan kalium. Buah ini juga mengandung berbagai antioksidan, seperti likopen, lutein, dan zeaxanthin.

Seperti dikutip dari laman Boldsky, berikut manfaat mengonsumsi bagi kesehatan tubuh :

1. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Likopen dalam dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa individu yang mengonsumsi atau jus memiliki risiko lebih rendah untuk penyakit kardiovaskular daripada wanita yang tidak mengonsumsi makanan ini.

2. Menurunkan Risiko Kanker

adalah sumber beta karoten dan vitamin C yang sangat baik, yang membantu menurunkan risiko kanker pada seseorang.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi dalam jumlah tinggi meningkatkan kadar beta karoten mereka, yang membantu mencegah perkembangan tumor pada kanker prostat.

Selain itu, mengandung antioksidan yang membantu melindungi terhadap kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Hal ini membuat membantu dalam memerangi kanker seperti kanker prostat dan kanker payudara.

3. Membantu Turunkan Kadar Kolesterol

Tomat mengandung kalium yang membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Sebuah studi menyatakan bahwa mengonsumsi delapan ons tomat setiap hari secara signifikan mengurangi kadar kolesterol total sebesar 8 persen, setelah 12 minggu dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi produk tomat.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Tomat mengandung kalium yang bisa membantu menjaga tingkat tekanan darah dalam kisaran normal.

Selain itu, juga mengandung magnesium dan kalsium, keduanya merupakan mineral penting untuk mengatur tingkat tekanan darah.

Namun, sebagian besar saus tomat kalengan, saus pasta, dan jus tomat mengandung natrium yang tinggi. Ini berarti, saus-saus tersebut dapat meningkatkan tekanan darah. Karena itu, saus tomat buatan sendiri lebih baik untuk tekanan darahmu.

5. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Likopen telah terbukti membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi dengan menghambat virus seperti HIV dan beberapa jenis influenza A (H1N1).

Tomat mengandung tiga vitamin antioksidan utama, beta-karoten, vitamin C, dan vitamin E, yang secara efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here