Friday, 29 March 2024
HomeBerita5 Olahraga untuk Jaga Kesehatan Jantung

5 Olahraga untuk Jaga Kesehatan Jantung

Bogordaily.net – Pakar kesehatan menyarankan seseorang untuk melakukan olahraga demi menjaga kesehtaan . Selain penyakit , ada banyak penyakit berbahaya yang mengintai apabila kamu jarang berolahraga.

Tapi tenang, olahraga untuk menjaga kesehatan tidak berat. Hanya olahraga ringan dan sederhana ternyata punya manfaat luar biasa untuk jantung dan tubuh secara keseluruhan.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber,  berikut lima jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung :

1. Jalan Kaki Cepat

Sesederhana jalan kaki, terutama brisk walking atau jalan kaki cepat bisa bermanfaat positif bagi kesehatan jantung.

Melakukan brisk walking setidaknya 20 menit per hari bisa menjaga detak jantung tetap stabil.

Jalan kaki pun tergolong aman dari risiko cedera karena sendi tubuh tidak dipaksa bekerja keras saat melakukan olahraga yang satu ini.

Aktivitas ini setidaknya dilakukan selama 20 menit sehari. Kamu bisa brisk walking di dalam rumah atau pakai treadmill.

2.

Olahraga sangat baik untuk jantung karena bisa memperkuat jantung yang akhirnya membuatnya bisa memompa lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh. Kondisi ini pun dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

Rutin olahraga juga dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh sehingga kerja jantung tidak terbebani dan ritme jantung pun akan tetap normal. juga bisa menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, lho!

3. Bersepeda

Bersepeda juga dapat menjadi pilihan sebagai olahraga yang bagus untuk jantung. Bersepeda memperkuat otot jantung, menurunkan detak jantung, dan menghilangkan kadar lemak dalam darah.

Penelitian menunjukkan bahwa bersepeda secara rutin menurunkan risiko penyakit jantung, bahkan, hingga 50 persen.

Hal ini tentu tidak langsung dirasakan begitu saja, tapi berkaitan dengan konsistensi dan manfaat lain bersepeda.

4. Berenang

Olahraga yang satu ini juga baik untuk menjaga jantung tetap sehat. Pasalnya, olahraga ini dapat memperkuat otot jantung sehingga jantung dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan lebih optimal lagi.

Kamu bisa berenang paling tidak seminggu sekali untuk menjaga kebugaran tubuh, termasuk jantung. Pastikan kamu sudah melakukan pemanasan sebelum masuk ke air, ya!

5. atau Pilates

maupun pilates pun bisa dijadikan alternatif sebagai olahraga untuk menjaga kesehatan jantung.

Keduanya termasuk dalam olahraga peregangan, fleksibilitas dan keseimbangan yang baik bagi jantung dan juga tubuh secara keseluruhan.

Jika lebih fokus pada latihan fleksibilitas, relaksasi dan juga pernapasan, maka pilates lebih pada meningkatkan stamina tubuh. Kamu tinggal pilih mana yang paling nyaman untuk dilakukan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here