Friday, 26 April 2024
HomeBerita6 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Lancarkan Pencernaan

6 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Lancarkan Pencernaan

Bogordaily.net – Manfaat sangat beragam untuk tubuh. Selain menyehatkan dan memiliki banyak manfaat, buah kesemek juga memiliki rasa yang enak dan manis seperti madu.

Buah kesemek disebut juga buah genit dan ada pula yang menyebutnya buah ganjen karena tampilan buah itu seperti yang memakai bedak.

Keberadaan buah kesemek memang tidak begitu populer seperti buah-buahan lainnya, karena banyak juga orang yang tidak kenal dengan buah yang satu ini.

Biasanya buah ini banyak dijumpai di daerah subtropis dan dataran tinggi daerah tropis yaitu pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut.

Selain itu, buah kesemek juga mempunyai bentuk yang unik berwarna orange yang juga tampak seperti tomat. Buah kesemek juga memiliki rasa manis yang khas.

Tanaman buah kesemek ini dapat dengan mudah ditemukan di daerah Sumatera, Jawa, serta daerah-daerah dataran tinggi seperti pegunungan.

Memiliki rasa yang manis seperti madu meski cenderung berukuran kecil, namun buah kesemek memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk menjaga tubuh manusia.

Berikut 8 manfaat buah kesemek untuk tubuh manusia

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah kesemek dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Dalam sebuah studi menjelaskan bahwa vitamin C yang terdapat pada buah kesemek dapat menstimulasi kekebalan tubuh serta dapat meningkatkan produksi sel darah putih.

Dimana sel darah putih tersebut berguna untuk melawan infeksi virus, mikroba, jamur, dan yang lainnya.

2. Menjaga Jantung

Salah satu manfaat buah kesemek yang baik untuk di antaranya adalah baik untuk jantung. Hal tersebut dikarenakan buah kesemek mengandung antioksidan seperti flavonoid yang membantu melawan kerusakan oksidatif dan mengurangi berbagai risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung.

3. Melancar Pencernaan

Buah kesemek mengandung banyak serat yang baik untuk sistem pencernaan. Sehingga mengkonsumsi buah kesemek mampu melancarkan pencernaan. Selain itu, banyaknya serat dalam buah kesemek membuah buah ini cocok dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan Mata

Manfaat buah kesemek selanjutnya yaitu dapat meningkatkan mata. Pasalnya, buah kesemek mengandung lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan yang membantu melawan degenerasi makula atau penyakit mata yang berkaitan dengan usia.

5. Mencegah Penyakit Anemia

Ibu hamil rentan mengalami anemia, hal ini tentu akan membahayakan ibu dan janinnya. Apabila tidak ditangani dengan baik, maka dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi yang membahayakan seperti persalinan prematur.

Untuk menurunkan terjadinya risiko ini, ibu hamil bisa mengonsumsi buah kesemek yang mengandung zat besi yang tinggi yang dapat memberikan penambah darah, sehingga membantu ibu hamil semakin lebih sehat.

6. Menjaga Tekanan Darah agar Tetap Normal

Ibu hamil mengalami banyak perubahan, termasuk tekanan darah. Terlebih lagi bagi ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, maka perlu ditangani dengan baik.

Salah satunya, ibu hamil bisa dengan mengonsumsi buah kesemek yang dapat menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Demikianlah tadi manfaat buah kesemek bagi tubuh. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here