Saturday, 20 April 2024
HomeBerita6 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Bikin Kulit Kenceng

6 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Bikin Kulit Kenceng

Bogordaily.net – Sederet manfaat bagi dan kecantikan yang harus Anda ketehaui.  kerab dijadikan sayur lalapan. Faktanya, memiliki banyak manfaat yang belum diketahui oleh banyak orang.

Umumnya diolah menjadi acar dan dijadikan pelengkap menu makanan. Namun, tidak sedikit orang yang mengolah menjadi minuman seperti sorbet atau jus.

Timun yang kaya akan serat dan mineral mengandung nutrisi penting bagi tubuh seperti vitamin C, vitamin K, magnesium, mangan, serta kalium.

Selain itu, timun juga kaya akan antioksidan seperti flavonoid, tanin, dan triterpen yang sangat bagus untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

Kira-kira, apa saja manfaat timun untuk tubuh? Yuk, simak penjelasaan berikut.

1. Menjaga dari Dehidrasi

Buah timun terdiri dari 95% air yang membantu menjaga tubuh dehidrasi dan mengisinya kembali dengan menghilangkan racun. Kandungan air yang tinggi di dalam timun berfungsi sebagai pembersih sistem dan menyapu produk limbah keluar dari sistem.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi detikers yang memiliki tekanan darah tinggi, timun bisa jadi solusinya. Sebab, timun kaya akan serat, kalium, dan magnesium yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah.

Selain itu, sejumlah peneliti menemukan bahwa kandungan kalium dan airnya yang tinggi membuat sifat diuretiknya menjadi ringan, sehingga dapat membantu mengatur tekanan darah.

3. Mengurangi Lingkaran Hitam di Mata

Memiliki lingkaran hitam di bawah mata atau sering disebut juga mata panda tentu tidak baik untuk . Hal ini dapat terjadi karena detikers kurang tidur atau menderita penyakit tertentu.

Nah, bagi detikers yang ingin menghilangkan mata panda caranya gampang banget. Siapkan satu buah lalu irislah tipis-tipis, setelah itu ambil beberapa irisan timun dan tempelkan di atas mata selama 8-10 menit. Cara tersebut dilakukan untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

4. Menghilangkan Bau Mulut

Timun juga dipercaya dapat menghilangkan bau mulut yang bikin kamu nggak percaya diri saat berbicara. Timun dipercaya dapat membantu melepaskan kelebihan panas di dalam perut yang menjadi faktor utama timbulnya bau mulut.

Cara penggunaannya cukup mudah, pertama irislah timun secara tipis-tipis lalu tempelkan di langit-langit lidah menggunakan tangan selama 30 detik. Selama timun menempel, terjadi reaksi kimia di dalam timun yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.

5. Mengatasi Kulit Kering

Manfaat timun berikutnya yakni dapat mengatasi kulit kering. Hal ini disebabkan oleh kandungan air yang tinggi dan sifat antiinflamasi dari timun yang dapat mengatasi permasalahan kulit kering, misalnya luka akibat terbakar matahari.

Cara menggunakannya cukup mudah, pertama potong timun menjadi beberapa bagian lalu dibuat jus. Setelah jus timun sudah jadi, campur dengan yogurt atau air perasan lemon. Bila sudah, oleskan ke kulit yang kering dan diamkan sekitar 10-15 menit.

6. Melawan Kanker

Mentimun mengandung tiga lignan yaitu, pinoresinol, lariciresinol dan secoisolariciresinol, yang membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker ovarium, kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker rahim.

7. Meredakan nyeri sendi dan encok

Mentimun merupakan sumber silika yang dikenal dapat memperkuat jaringan sendi. Jus mentimun mengandung kalsium, folat, potassium, magnesium, dan vitamin A, C, D, B1 dan B6. Mengonsumsi mentimun setiap hari bisa mengurangi nyeri persendian, encok, dan menurunkan kadar asam urat.

Demikianlah tadi manfaat mentimun bagi dan kecantikan wajah. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here