Friday, 29 March 2024
HomeHiburan7 Tradisi Imlek di Indonesia, Unik dan Penuh Makna

7 Tradisi Imlek di Indonesia, Unik dan Penuh Makna

Bogordaily.net – Di terdapat yang khas di setiap daerah. Adanya tradisi khas Imlek itu membuat perayaan Tahun Baru Cina menjadi lebih meriah dan spesial.

Perayaan Imlek di tahun ini jatuh pada tanggal 22 Januari 2023. Tahun Baru Imlek 2023 merupakan pergantian tahun yang terdapat dalam kalender China.

Imlek juga dianggap sebagai momen yang tepat untuk bersyukur atas keberhasilan yang telah dicapai selama tahun lalu selain untuk merayakan tahun baru.

Bagi masyarakat Tionghoa di sendiri, terdapat beberapa yang dilakukan secara turun temurun.

Berikut tujuh di , menyambut Tahun Baru Imlek 2023 yang penuh makna.

1. Berbagi Angpao

Ini dia salah satu tradisi perayaan Tahun Baru Imlek 2023 yang mungkin paling ditunggu anak-anak dan remaja yang belum menikah.

Momen berbagi Angpao Imlek ini khusus diberikan orang yang lebih tua dan sudah menikah kepada keluarga maupun kerabat yang masih lajang.

Angpao Imlek memiliki simbol pemberian rezeki kepada anak-anak dan orang tua, dengan warna merah yang melambangkan keberuntungan, kebaikan, dan kesejahteraan.

2. Dekorasi warna merah

Dekorasi penuh warna merah sudah menjadi salah satu ciri khas dalam perayaan Imlek, mulai dari dekorasi rumah hingga warna pakaian.

Warna merah melambangkan kesejahteraan, keberuntungan, dan juga kekuatan, cocok untuk Tahun Baru Imlek 2023.

Tidak hanya itu, masyarakat juga percaya kalau warna merah dapat mengusir makhluk buas atau sejenis Nian yang dapat mengganggu manusia terutama anak kecil.

3. Tradisi Yu Sheng

Yu Sheng merupakan tradisi menyajikan makanan yang dilakukan saat malam pergantian tahun baru Imlek. Makanan yang disajikan dalam tradisi Yu Sheng ditaruh pada wadah besar dan berisi ikan salmon, wortel dan macam–macam jenis sayuran lainnya.

Tradisi Yu Sheng tidak bisa dilakukan sembarangan melainkan harus menggunakan meja bundar untuk penyajian sebagai simbol aliran mata angin dan positif. Tradisi Yu Sheng juga sebagai simbol melimpahnya rejeki, prospektif dan semangat.

4. Menyalakan Kembang Api

Tradisi yang selalu ada di setiap perayaan tahun baru, baik Masehi maupun Imlek adalah menyalakan kembang api. Namun biasanya petasan untuk tahun baru Imlek dibuat dari gulungan kertas berwarna merah.

Masyarakat Tinghoa menyalakan kembang api dan petasan sebagai salah cara untuk menakut-nakuti kejahatan dan menyambut datangnya tahun baru.

Suara letusan kembang api yang keras dipercaya dapat menakut-nakuti roh jahat dan juga binatang jahat bernama Nian. Selain itu suara letusan tersebut juga digunakan untuk menarik perhatian Guan Yu, seorang jenderal China yang sangat dihormati dan disembah sebagai dewa Tao.

5. Pertunjukan Barongsai

Pertunjukan barongsai salah satu tradisi yang dinanti saat perayaan Tahun Baru Imlek. Tradisi barongsai juga menjadi ikon dari perayaan Imlek.

Masyarakat Tionghoa percaya bahwa tarian barongsai dapat membawa kemakmuran dan keberuntungan untuk tahun yang akan datang.

Pertunjukan ini biasanya dilakukan oleh dua orang akrobat yang mengenakan kostum naga. Satu orang akan mengisi bagian kepala dan satu lagi tubuh singa bagian belakang.

6. Sembahyang untuk Leluhur

lainnya yang cukup populer di adalah sembahyang untuk leluhur. Tradisi ini dilakukan sebagai upaya menghormati dan mendoakan arwah para leluhur yang telah tiada.

Bagi masyarakat Tionghoa yang beragama Konghucu biasanya melakukan sembahyang di klenteng saat menjelang perayaan Imlek dan Cap Go Meh. Tapi sembahyang juga bisa dilakukan di rumah dengan cara menyajikan makanan persembahan serta menyalakan dupa dan lilin.

7. Hidangan Khas Imlek

Salah satu hidangan khas Imlek yang wajib ada di meja makan adalah kue keranjang dan buah jeruk. Selain itu, ada juga hidangan lain seperti, pangsit dan dumpling, siu mie, lumpia, sup, ikan bandeng dan makanan laut lainnya.

Makanan yang dihidangkan pada perayaan Imlek minimal terdiri dari 12 makanan. Seluruh hidangan khas Imlek tersebut melambangkan 12 macam shio yang masing-masing memiliki makna sendiri.

Itulah tadi inforamsi di . (*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here