Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorAchmad Fathoni Soroti Warga yang Buang Sampah Sembarangan, Minta DLH Bertindak

Achmad Fathoni Soroti Warga yang Buang Sampah Sembarangan, Minta DLH Bertindak

Bogordaily.net  Anggota Komisi III , menyoroti masyarakat yang membuang sembarangan di sungai dekat Pasar Cibinong. Ia pun meminta agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menindak hal tersebut.

“Pertama, saya merasa sedih dan prihatin dengan kondisi ini, tapi tentu ini bukanlah semata urusan pribadi oknum masyarakat yang membuang sampah. Harus ada tindak lanjut dari semua jajaran yg terkait,” kata saat dikonfirmasi Bogordaily.net, Rabu 11 Januari 2023.

Kemudian kata dia, nantinya pihak pemerintah desa ataupun kelurahan, camat, Satpol PP perlu untuk ikut serta menertibkan warganya untuk mengikuti aturan.

“Perda sampah kan sudah mengatur larangan membuang sampah sembarangan. Saya juga mendorong kita bersama, dikomandoi DLH, menggalakkan peningkatan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan, termasuk dalam mengelola sampah,” jelasnya.

Selain itu ia juga turut mendorong partisipasi masyarakat melalui KRL dan bank sampah serta ikut memfasilitasinya.

“Untuk program ini saya sudah ikut mendorong dengan mengalokasikan dana aspirasi saya Rp1 M di 2023,” ujar Fathoni.

Ia menambahkan Pemda juga harus terus melengkapi sarana dan prasarana dalam pengelolaan sampah serta penegakan Perda tentang sampah dan mendorong revisinya. Hal ini kata dia agar lebih menekankan pada bagaimana pendidikan, penyuluhan, pelibatan masyarakat serta fasilitasinya.

“Sedang kita dorong agar ada revisi, tapi masih kita tunggu dari DLH, perlu ditekankan di sini, sampah adalah tanggung jawab kita bersama, bukan hanya tanggung jawab DLH atau Pemda. Sampahmu tanggung jawabmu, sampahku tanggung jawabku,” ungkapnya. (Albin Pandita)

 

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here