Friday, 18 October 2024
HomeHiburanAki Kering Motor Bisa Dicas Tidak? Cek di Sini!

Aki Kering Motor Bisa Dicas Tidak? Cek di Sini!

Bogordaily.net – Aki kering motor bisa dicas tidak? Ini pertanyaan paling mendasar para pemilik sepeda motor. Karena jika aki mati akan bikin Anda repot sendiri, sebab sepeda motor Anda akan mengalami banyak kendala.

Mulai tak bisa distarter secara elektrik, hingga masalah lainya. Mungkin ada yang belum mengerti mengenai soal ini, berikut ini penjelasannya.

Aki merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor yang berfungsi untuk menyimpan listrik. Pada sepeda motor, aki berperan ketika kita melakukan starter atau menyalakan sistem kelistrikan.

Ada dua jenis aki yaitu aki basah dan aki kering. Aki basah merupakan jenis aki yang memiliki elektrolit berbentuk cairan, sehingga cairan elektrolitnya mudah menyusut sehingga harus sering diisi ulang.

Sedangkan aki kering memiliki elektroda berbentuk gel sehingga aki ini lebih awet dan minim penguapan dibandingkan aki basah.

Aki kering juga bisa dicas, hal ini dianjurkan karena setiap aki pasti mengalami discharge atau pengurangan daya. Ada beberapa produsen aki kendaraan yang menawarkan alat untuk mengecas aki.

Harganya bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga di atas satu juta rupiah. Setiap harga tersebut tentunya memiliki kualitas aki yang berbeda-beda.

Aki Kering Motor Bisa Dicas Tidak? Ini tahapannya:

Untuk mengetahui kapan waktunya untuk mengecas aki, kita harus mengetahui ciri-ciri aki yang sudah lemah, seperti suara klakson yang lemah, lampu motor yang redup, starter motor yang susah menyala, dll.

Untuk mengecas aki kering motor, Anda harus menyiapkan cas yang sesuai dan jangan sembarangan menggunakan cas dengan ampere yang salah. Kemudian, ikuti petunjuk pemakaian charger dengan benar agar aki tidak rusak dan bekerja dengan baik.

Setelah menyiapkan charger yang sesuai, Anda harus membersihkan kontak-kontak pada aki dengan menggunakan lap kering atau kain bersih. Kontak-kontak yang kotor atau korosi dapat menyebabkan arus listrik yang tidak stabil dan menurunkan kinerja aki.

Selanjutnya, pasang charger pada aki dengan benar sesuai dengan petunjuk pemakaian. Pastikan charger terhubung dengan benar dan tidak ada kontak yang terlepas. Biasanya, charger akan memiliki indikator untuk menunjukkan kondisi pengisian aki.

Setelah itu, nyalakan charger dan biarkan sampai aki terisi penuh. Waktu yang dibutuhkan untuk mengecas aki tergantung pada kapasitas aki dan daya charger yang digunakan. Biasanya, waktu yang dibutuhkan untuk mengecas aki kering adalah sekitar 4-6 jam.

Setelah aki terisi penuh, matikan charger dan cabut kabel dari aki. Setelah itu, cek tegangan aki dengan menggunakan multimeter. Tegangan yang normal pada aki kering adalah sekitar 12,6-12,8 volt.

Jika tegangan aki dalam kondisi normal, maka aki sudah siap digunakan. Namun jika tegangan aki rendah, Anda perlu mengecas lagi hingga tegangan normal.

Sebaiknya jangan lupa untuk mengecas aki secara berkala agar kinerja aki tetap baik dan dapat digunakan dengan lancar. Jangan mengecas aki saat aki sedang panas atau baru digunakan, karena akan merusak aki.

Dengan melakukan hal-hal diatas, kondisi aki kering motor Anda akan tetap dalam kondisi baik dan dapat digunakan dengan lancar. Pastikan untuk memeriksa kondisi aki secara berkala dan melakukan perawatan yang diperlukan untuk menjaga kinerjanya.

Demikian ulasan mengenai apakah aki kering motor bisa dicas tidak?. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here