Friday, 3 May 2024
HomeNasionalAnak Krakatau Erupsi, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 3.157 Meter

Anak Krakatau Erupsi, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 3.157 Meter

Bogordaily.net – Gunung Anak mengalami erupsi setinggi 3.157 meter di atas permukaan laut. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi () melarang masyarakat untuk melakukan aktivitas hingga radius 5 km dari kawah gunung, Rabu, 4 Januari 2023.

“Masyarakat, pengunjung, wisatawan, pendaki tidak mendekati Gunung Anak atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif,” kata , pada Rabu, 4 Januari 2023.

Diketahui, terjadinya erupsi pertama Gunung Anak , pada Selasa, 3 Januari 2023 pukul 16.38 WIB dengan ketinggian abu vulkanik mencapai 100 meter.

Lalu, terjadi kembali erupsi kedua pada Rabu pukul 14.10 WIB dengan ketinggian abu vulkanik mencapai 100 meter. Dan sekitar sejam kemudian, Anak Krakatau kembali menunjukkan erupsinya, pada pukul 15.09 WIB.

“Terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau pada Rabu, 4 Januari 2023, pukul 15.09 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 3.000 meter di atas puncak (± 3.157 meter di atas permukaan laut),” ujar .

Terkait erupsi ketiga tersebut, menyampaikan jika status Anak Krakatau Siaga III. menjelaskan jika abu vulkanik pada erupsi ketiga ini berwarna hitam.

“Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal ke arah timur. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung,” tulisnya.

Sebelumnya, Gunung Anak Krakatau Lampung mengalami erupsi pada Kamis, 15 Desember 2022 pukul 09.35 WIB. Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi () kolom abu setinggi 100 meter di atas puncak.

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (), Hendra Gunawan mengatakan kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur laut.

Menurut Hendra Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 7 mm dan durasi ± 1 menit 9 detik.

“Tapi, tak terdengar suara dentuman,” ujar Hendra kepada wartawan, dikutip dari PMJ.

Lanjut Hendra, Gunung Anak Krakatau berada pada Status Level III (Siaga). Adapun rekomendasinya, masyarakat atau wisatawan dan pendaki tidak mendekati gunung.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here