Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaAngkut 72 Orang, 4 Korban Pesawat Jatuh di Nepal Masih Dicari

Angkut 72 Orang, 4 Korban Pesawat Jatuh di Nepal Masih Dicari

Bogordaily.net Korban pesawat yang jatuh di Pokhara, masih dicari. Dari 72 penumpang, masih ada 4 korban yang belum ditemukan setelah sebelumnya 68 lainnya dinyatakan tewas.

Pesawat ATR yang membawa 72 penumpang itu jatuh di lembah sungai Seti tak jauh dari Bandara Pokhara sesaat sebelum mendarat. Tim evakuasi dan SAR pun melanjutkan pencarian empat orang yang masih hilang, Senin, 16 Januari 2023.

Pejabat kepolisian Pokhara Ajay K.C menjelaskan, operasi pencarian dan penyelamatan di dan sempat terhenti pada Minggu karena kondisi gelap hari ini dilanjutkan kembali.

Dikutip dari CNN Indonesia, Kepala distrik lokal di Pokhara , Tek Bahadur KC, mengatakan tak ada harapan menemukan korban selamat dalam kecelakaan pesawat .

“Kami sudah menemukan 68 korban sejauh ini. Kami masih mencari empat korban lainnya. Kami berharap ada keajaiban. Namun, tak ada harapan untuk menemukan orang yang selamat,” kata Bahadur kepada AFP.

Aparat juga telah menemukan kotak hitam pesawat ATR 72 milik .

“Kotak hitam dari pesawat yang jatuh telah ditemukan,” kata petugas Bandara Kathmandu, Sher Bahadur Thakur, kepada ANI News, seperti dikutip Reuters.

Meski begitu, Thakur belum menjelaskan lebih detail soal kapan dan bagaimana kotak hitam itu bisa ditemukan.

Kotak hitam atau black box berisikan rekaman seluruh informasi dan data penerbangan suatu pesawat yang tertulis dengan algoritma khusus.

Melansir ANI News, kotak hitam sangat membantu aparat untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada suatu penerbangan yang mengalami insiden kecelakaan.

Sebelumnya diberitakan Pesawat ATR 72 milik jatuh pada Minggu sekitar pukul 11.00 waktu setempat saat hendak mendarat di bandara baru Pokhara. Pesawat sempat oleng sebelum menabrak jurang hingga menimbulkan dentuman keras.

Otoritas penerbangan sipil melaporkan dari total 68 penumpang yang ditemukan, 37 orang di antaranya merupakan laki-laki, 25 perempuan, tiga anak-anak, dan tiga bayi.

Lima belas penumpang merupakan warga negara asing dengan rincian lima warga India, empat warga Rusia, dua warga Korea, dan masing-masing satu warga Australia, Argentina, Prancis, dan Irlandia.

Aparat berwenang masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pesawat kecelakaan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here