Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaApa Itu Leukimia? Berikut Gejala yang Harus Diwaspadai

Apa Itu Leukimia? Berikut Gejala yang Harus Diwaspadai

Bogordaily.net–  Apa itu leukimia? merupakan yang disebabkan karena tubuh terlalu banyak memproduksi sel darah putih abnormal. Sel darah putih merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang diproduksi di dalam sumsum tulang. Ketika fungsi sumsum tulang terganggu, sel darah putih yang dihasilkan akan mengalami perubahan dan tidak lagi menjalani perannya secara efektif. Dikutip dari laman Aladokter.com, berikut leukimia yang harus diwaspadai.

dapat terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Leukemia sering kali sulit terdeteksi karena gejalanya menyerupai penyakit lain. Maka dari itu pemeriksaan sejak dini perlu dilakukan agar leukemia dapat cepat ditangani.

Leukemia disebabkan oleh kelainan pada sel darah putih yang membuatnya tumbuh secara tidak terkendali. Pada awalnya, leukemia sering kali tidak menimbulkan tanda-tanda. baru muncul ketika sel kanker sudah makin berkembang dan mulai menyerang sel tubuh. yang muncul bervariasi. Secara umum keluhan yang dialami penderita leukemia adalah demam dan menggigil, lelah yang tidak hilang meski sudah beristirahat, berat badan turun drastis, anemia, bintik merah di kulit, mimisan, tubuh mudah memar, keringat berlebihan terutama pada malam hari, mudah terkena infeksi, muncul benjolan di leher akibat pembengkakan kelenjar getah bening, perut terasa tidak nyaman akibat organ hati dan limpa membengkak.

Pada yang lebih berat dapat muncul apabila sel kanker menyumbat pembuluh darah di organ tertentu. yang dapat muncul meliputi sakit kepala hebat, mual dan muntah, otot hilang kendali, nyeri tulang, linglung, dan kejang.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here