Friday, 29 March 2024
HomeBeritaApa Itu Penyakit Terminal? Berikut Penjelasannya

Apa Itu Penyakit Terminal? Berikut Penjelasannya

Bogordaily.net–  Apa itu terminal? terminal adalah kondisi yang membuat hidup jadi terbatas. Dikutip dari Sehatq.com, serius yang tidak bisa disembuhkan ini juga berkaitan erat dengan kematian seseorang.

Saat mendapatkan vonis terminal, tidak ada yang bisa memprediksi berapa lama mereka bisa bertahan hidup. Bisa saja hitungan hari, minggu, bulan, atau bahkan tahunan. Dokter pun sulit untuk memastikannya. Semua bergantung pada diagnosis dan perawatan yang diterimanya.

Selain itu, penyakit terminal yang dialami kondisinya bisa berlainan. Ada seseorang yang kondisinya memburuk secara perlahan. Ada pula yang merasa sehat tetapi tiba-tiba memburuk pada waktu tertentu. Berikut ini contoh penyakit terminal:

Kanker

Jenis kanker yang tidak bisa disembuhkan sekaligus tidak ada perbaikan apapun meski sudah menjalani perawatan. Kanker ini sangat besar kemungkinan menyebabkan seseorang meninggal. Jenis kanker apa saja bisa menjadi penyakit terminal.

Ketika seseorang menderita terminal cancer, penekanan proses pemulihan akan fokus untuk meredakan gejala. Selain itu, juga memastikan pasien memiliki kualitas hidup yang baik yaitu perawatan paliatif.

Demensia

Kondisi demensia tidak selalu dianggap sebagai penyakit terminal atau penyebab kematian. Biasanya, ada penyebab lain seperti kondisi medis lain seperti penyakit jantung atau kanker. Ketika pasien semakin dekat dengan akhir hidupnya, pola dan gejala yang muncul mirip seperti pasien yang menderita kanker stadium akhir.

Alzheimer

Alzheimer merupakan salah satu penyakit terminal. Biasanya mereka yang berada di stage tujuh sudah dekat dengan kematian. Ciri-cirinya adalah pasien sudah kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi. Merespons hal yang terjadi di sekitarnya pun tidak bisa dilakukan.

Penyakit neuron

Jenis penyakit neuron yang paling umum adalah ALS atau Lou Gehrig's disease. Dampaknya neuron yang ada di otak dan sumsum tulang belakang. Akibatnya, otot-otot yang ada di tangan, kaki, mulut, hingga sistem pernapasan juga terdampak. Kemungkinan pasien penyakit neuron meninggal dunia dalam rentang waktu setahun sejak diagnosis. Lebih banyak lagi yang meninggal dalam dua tahun. Lebih dari separuh pasien neurone disease mengalami penurunan fungsi kognitif.

Penyakit paru

Penyakit serius yang divonis tidak bisa disembuhkan lainnya adalah penyakit paru. Biasanya, fibrosis paru atau pulmonary fibrosis termasuk contoh penyakit terminal. Penyakit ini memburuk seiring dengan berjalannya waktu. Jenis penyakit paru lain juga bisa termasuk terminal illness, utamanya ketika pasien sudah mengalami kesulitan untuk bernapas.

Penyakit saraf

Penyakit saraf yang termasuk terminal illness adalah penyakit Parkinson, multiple sclerosis, penyakit Huntington, dan jenis lain yang membatasi hidup seseorang. Jenis penyakit saraf ini tidak serta merta membuat seseorang meninggal dunia hanya saja, kondisinya bisa memburuk hingga membatasi hidup seseorang.

Penyakit jantung serius

Orang dengan penyakit jantung serius rata-rata memiliki harapan hidup kurang dari lima menit. Ketika gagal jantung sudah sangat serius, sebanyak 90% pasien meninggal dalam waktu satu tahun sejak terjadi. Jenis penyakit jantung serius adalah gagal jantung kongestif, edema paru akibat masalah pada jantung, dan penyakit jantung lain yang sudah memasuki stage akhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here