Friday, 19 April 2024
HomeBeritaApa Itu Stunting? Ini Penjelasan dan Gejala yang Harus Diwaspadai

Apa Itu Stunting? Ini Penjelasan dan Gejala yang Harus Diwaspadai

Bogordaily.net–  Apa itu ? adalah kondisi saat tinggi badan lebih pendek daripada standar usianya akibat kekurangan gizi dalam jangka panjang. Kondisi ini bisa disebabkan oleh malnutrisi yang dialami ibu saat hamil atau pada masa pertumbuhannya. Selain itu, yang kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi selama masa tumbuh kembangnya juga bisa mengalami .

Dilansir dari laman Aladokter.com, gejala kondisi ini sering tidak disadari, karena hanya diduga memiliki tubuh yang pendek. Meski demikian, gejala umumnya bisa terlihat saat anak berusia 2 tahun. Gejala yang menunjukkan anak mengalami di antaranya tubuh anak lebih pendek dibandingkan standar tinggi badan anak seusianya, berat badan anak bisa lebih rendah untuk anak seusianya, pertumbuhan tulang terhambat, mudah sakit, mengalami gangguan belajar, dan gangguan tumbuh kembang.

Bila menderita penyakit kronis, anak dengan bisa mengalami sejumlah gejala berikut:

Tidak aktif bermain

Batuk kronis, demam, serta berkeringat pada malam hari

Tubuh anak membiru ketika menangis (sianosis)

Sering lemas

Sesak napas

Ujung jari berbentuk seperti tabuh (clubbing finger)

Bayi tidak dapat menyusu dengan baik

Segera ke dokter jika tinggi badan anak Anda tampak lebih pendek dari anak seusianya, terutama bila anak mengalami gejala yang disebutkan di atas.

Selain itu, pemeriksaan tinggi badan, berat badan, dan tumbuh kembang anak perlu rutin dilakukan oleh dokter atau diperiksa di posyandu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here