Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaArkeolog Temukan Mumi Tertua Berlapis Emas, Lengkap di Mesir

Arkeolog Temukan Mumi Tertua Berlapis Emas, Lengkap di Mesir

Bogordaily.net – Para dan Peneliti Mesir baru-baru ini mengungkap harta karun sebuah artefak tertua , ditemukan di luar ibu kota Mesir, Kairo.

Melansir dari USA Today, sebuah tim Egyptologists pada hari Kamis waktu setempat mengumumkan penemuan beberapa makam kuno di area pekuburan Firaun yang terletak di luar ibu kota Kairo, Mesir.

Setelah penggalian yang memakan waktu cukup lama, yaitu sekitar setahun.

Di antara temuan makam tersebut, yang menarik adalah milik seorang pria bernama Heka-shepes.

Ditemukan dengan keadaan tersegel mortar di dalam sarkofagus batu kapur berbentuk persegi panjang berukuran besar, tepatnya berada di dasar lubang setinggi 15 meter (49 kaki) bersama dengan sekelompok makam lainnya. Diperkirakan makam tersebut berusia sekitar 4.300 tahun yang lalu.

itu ditemukan di dasar lubang setinggi 15 meter di dekat apa yang disebut sebagai struktur piramida pertama Mesir, Piramida Bertingkat di Saqqara.

Dilansir dari Sky News, Zahi Hawass, kepala tim penelitian dan penggalian, mengatakan “Saya memasukkan kepala saya ke dalam untuk melihat apa yang ada di dalam sarkofagus, ternyata ada seorang pria yang seluruhnya tertutup lapisan emas.”

Tim tersebut mengatakan kepada wartawan, bahwa tersebut berasal dari “dinasti” kelima dan keenam Kerajaan Lama, yang kekuasaanya berlangsung dari sekitar 2.500 SM hingga 2.100 SM.

Selain , ditemukan juga makam-makam lain yang diduga milik seorang pendeta yang dikenal dengan nama Khnumdjedef. Dia bertugas di bawah Unas, raja terakhir dari dinasti kelima Mesir kuno. Bagian dalam makam dihiasi dengan pahatan yang menggambarkan pemandangan kehidupan sehari-hari.

Makam lain yang juga ditemukan adalah milik seorang pejabat Mesir kuno yang bernama Meri. Menurut tim penggalian, Meri menyandang gelar “penjaga rahasia dan asisten pemimpin besar istana,”.

Selain makam, para peneliti dan tim penggalian juga menemukan beberapa patung dan jimat termasuk satu yang menggambarkan seorang pria, istrinya, dan beberapa pelayan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here