Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaAS dan Jerman Siap Kirim Tank Tempur ke Ukraina

AS dan Jerman Siap Kirim Tank Tempur ke Ukraina

Bogordaily.net dan Jerman diperkirakan akan mengumumkan bahwa mereka akan mengirim tank berat ke . Hal itu diungkapkan tiga pejabat AS yang mengetahui masalah tersebut.

Melansit dari Reuters, Rabu 25 Januari 2023, Presiden Volodymyr Zelenskiy mendesak sekutu untuk bergerak maju dengan menyediakan lebih dari lima hingga 15 tank modern untuk pasukannya.

“Diskusi harus diakhiri dengan keputusan,” kata Zelenskiy dalam pidato video malamnya.

“Keputusan untuk memperkuat pertahanan kita melawan teroris. Sekutu memiliki jumlah tank yang dibutuhkan.”

Keputusan tersebut menyangkut setidaknya satu kompi tank Leopard 2 A6 yang akan disediakan dari stok Bundeswehr, kata majalah Spiegel, yang pertama kali melaporkan berita tersebut. Satu kompi biasanya terdiri dari 14 tank.

Sementara itu, Kanselir Jerman Olaf Scholz telah memutuskan untuk mengirim Leopard 2 ke dan mengizinkan negara lain seperti Polandia untuk melakukannya juga, kata dua sumber yang mengetahui masalah tersebut kepada Reuters.

“Hari ini Kanselir membuat keputusan yang tidak bisa dianggap enteng. Fakta bahwa Jerman akan mendukung dengan tank Leopard adalah tanda solidaritas yang kuat,” kata Christian Duerr, pemimpin parlemen dari Partai Demokrat Bebas (FDP) yang memerintah bersama.

“The #Leopard's free!” cuit Katrin Goering-Eckardt, wakil presiden Bundestag, dan membagikan tautan laporan media tentang berita tersebut.

Sekutu lainnya, di Skandinavia misalnya, berniat untuk mengikuti Jerman dalam memasok tank Leopard mereka ke Kyiv. Dalam jangka panjang, lebih banyak tank yang dapat dipulihkan agar layak digunakan.

Sementara itu, para pejabat AS mengatakan kepada Reuters bahwa Washington akan segera menghentikan penentangannya untuk mengirim tank Abrams ke .

Namun, Pentagon menolak mengomentari pengumuman yang akan datang tentang Abrams. Mereka juga menolak untuk mengomentari apakah Jerman telah memberi lampu hijau pengiriman tank Leopard.

“Menteri (Lloyd) Austin melakukan percakapan yang sangat produktif dengan mitranya dari Jerman ketika dia berada di Jerman pada pertemuan minggu lalu,” kata Brigadir Jenderal Patrick Ryder.

Sebelumnya, beberapa menteri Eropa mengatakan bahwa penting bagi Jerman untuk mengizinkan pengiriman tank Leopard ke .

Tank Leopard Jerman, yang diterjunkan oleh tentara di seluruh Eropa, secara luas dianggap paling cocok untuk , tetapi Berlin harus mengesahkan penjualannya dan belum melakukannya.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here