Friday, 26 April 2024
HomeNasionalAsal Muasal Seruan Pita Hitam untuk Pegawai PT KAI dan Tagar #KAIsedangtidakbaikbaiksaja

Asal Muasal Seruan Pita Hitam untuk Pegawai PT KAI dan Tagar #KAIsedangtidakbaikbaiksaja

Bogordaily.net – PT Kereta Api Indonesia (KAI) dirundung netizen, seruan memakai pita hitam bagi para karyawannya menggema di twitter.

Tagar banjir di linimasa media sosial. Aksi itu sudah dilakukan pada Jumat 27 Januari 2023, dan hingga kini masih jadi topik warganet.

Apa yang terjadi dan bagaimana asal muasal duduk perkara aksi viral pita hitam untuk PT Kereta Api Indonesia (KAI) itu.

Selain tagar, pengunggah juga menyerukan seluruh pegawai untuk menggunakan pita hitam di lengan.

“Diserukan kepada seluruh pegawai kai untuk mulai menggunakan pita hitam dilengan kalian. Untuk menggambarkan matinya rasa keadilan yg ada di dalam tubuh perusahaan #gerakanjusticeandhonesty @KAI121,” tulisnya.

Unggahan disertai pula dengan foto bergambar pita hitam bertuliskan “Pray for Justice and Honesty in KAI”, yang berarti “Berdoa untuk Keadilan dan Kejujuran di KAI.” tulis netizen.

Sebagian menduga, tagar berhubungan dengan naiknya harga tiket KAI.

“Harga kereta lagi aneh banget, I know its different train & time, tapi yakali harga ekonomi lebih mahal dari eksekutif,” komentar salah satu warganet.

“Aku juga kaget. Gila banget emang tiket kereta di Jawa. Tiket kereta di Sumatra Utara mau hari besar atau hari yang lainnya tetap 27k dengan jarak waktu 3-4 jam. Di Jawa mahal banget woi,” tulis pengguna lain.

Apa jawaban soal Pita Hitam dan tagar tersebut?

Vice President (VP) Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, akan mempelajari hal yang dipermasalahkan akun tersebut.

“Terkait postingan tersebut, akan kami pelajari lebih lanjut apa yang dipermasalahkan oleh akun-akun anonim tersebut,” kata dia kepada Kompas.com, Sabtu, 28 Januari 2023, pagi.

Pelanggan, kata dia, tidak perlu khawatir karena operasional perjalanan kereta api sejauh ini berjalan dengan normal.

Dia menegaskan, KAI juga terus memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan.

“Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan dari pemerintah,” kata Joni.

Harga tiket, jelasnya, Joni mengatakan bahwa tarif kereta api bersifat fluktuatif menyesuaikan permintaan pelanggan.

Menurutnya, tarif tersebut juga dipastikan selalu berada di antara Tarif Batas Bawah (TBB) dan Tarif Batas Atas (TBA) yang telah ditetapkan.

“Adapun untuk KA-KA yang sifatnya PSO atau mendapatkan Public Service Obligation, tarifnya selalu tetap sesuai dengan tarif yang telah ditentukan oleh pemerintah,” jelas Joni.

KAI, kata dia, juga memberikan alternatif dengan menjual tiket ke berbagai tujuan dengan beragam kelas maupun subkelas.

Hal tersebut bertujuan agar pelanggan dapat memilih tarif yang diinginkan sesuai dengan kebutuhannya.

“KAI juga menyediakan tarif khusus di mana pelanggan dapat membeli tiket dengan tarif lebih murah khusus untuk rute dan KA-KA tertentu,” ujar dia.

Tiket tersebut, kata Joni, dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access atau loket stasiun maksimal 2 jam sebelum keberangkatan.

“Dalam rangka untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan, KAI juga rutin menyediakan event promo diskon tiket serta menyediakan tarif reduksi bagi lansia, infant, wartawan, dan berbagai instansi lainnya,” katanya.

Tagar dan seruan pita hitam yang berhubungan dengan KAI pun menuai tanda tanya dari pengguna Twitter.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here