Monday, 17 June 2024
HomeKota BogorAwal Tahun, Damkar Kota Bogor Bakal Tambah 2 Unit Armada Baru

Awal Tahun, Damkar Kota Bogor Bakal Tambah 2 Unit Armada Baru

Bogordaily.net– Awal tahun 2023, Dinas Pemadam Kebakaran () Kota Bogor, berencana menambah dua unit armada mobil baru untuk bertugas. Mobil tersebut terdiri dari satu unit kendaraan kecil dan satu unit kendaraan besar yang mampu menampung air berkapasitas tangki 2400 liter.

Kepala Dinas Kota Bogor, Samson Purba menjelaskan pihaknya telah melakukan pengadaan unit armada baru. Nantinya armada tersebut akan ditugaskan di Mako Sukasari, Kota Bogor. Salah satu kendaraan tersebut diprioritaskan untuk bertugas di wilayah yang memiliki akses sempit seperti masuk ke wilayah gang.

“Kita prioritaskan unit kendaraan kecil nanti yang betul-betul siaga karena Kota Bogor ini cenderung jalannya sempit, jadi kalau ada Jabar 65 unit yang baru ini akan meluncur terlebih dahulu,” kata Samson Purba.

Selain pengadaan dua unit armada baru, pihaknya juga berencana menambah peralatan-peralatan yang bentuknya mendukung, untuk misi pemadaman hingga penyelamatan. Hal itu tentunya untuk menambah semangat para anggota dalam setiap menjalankan tugasnya.

Kemudian, kata Samson, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat soal kesiapsiagaan. Bahkan sosialisasi tersebut dilakukan secara gencar sampai tingkat kelurahan yang ada di wilayah Kota Bogor, hal itu sebagai upaya pencegahan bilamana terjadi suatu kebakaran

Namun perihal pembangunan infrastruktur, dalam hal ini yaitu pos, Samson mengaku belum ada rencana terkait hal itu. Sebab Dinas Kota Bogor masih memiliki 3 pos kesiapsiagaan pemadam dan penyelamatan.

“Belum ada penambahan pos tetapi lebih kita memperkuat kepada pasukan. Jadi personil ini kita berikan pelatihan-pelatihan yang lebih spesifik,” jelas Samson.

Untuk saat ini, kata Samson, Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kota Bogor, bisa terbilang masih kurang. Namun hal itu tentunya akan dimaksimalkan untuk menopang tugas atau misi pemadaman serta penyelamatan di Kota Bogor.

“Jumlah personil sekarang ada 105 anggota, meskipun bisa dikatakan SDM ini kurang, tetapi kita akan maksimalkan dengan penguatan-penguatan kemampuan,” tutup Samson.(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here