Sunday, 29 September 2024
HomeBeritaBabinsa Kelurahan Sempur Kawal Proses Penimbangan Sampah di BASIBA

Babinsa Kelurahan Sempur Kawal Proses Penimbangan Sampah di BASIBA

Bogordaily.net – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Sempur, Koptu Andry Herliyanto mengawal proses penimbangan sampah di Bank Sampah Induk Berbasis Aparatur (BASIBA).

Kegiatan tersebut berlangsung di Gang Kelor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, pada Rabu 4 Januari 2023.

Selain untuk menjaga kebersihan lingkungan, penimbanGan sampah tersebut untuk mengetahui berapa volume sampah yang dihasilkan oleh warga di wilayah Kelurahan Sempur.

Sehingga nantinya warga bisa mengetahui bahwa, semua sampah yang dihasilkan jika dibuang sembarangan, akan menimbulkan berbagai macam penyakit.

“Kegiatan ini tentunya harus sering kita lakukan, agar sampah-sampah yang dibuang oleh warga atau yang berserakan, tidak menimbulkan penyakit. Terlebih sekarang musim hujan di Kota Bogor,” kata Babinsa Kelurahan Sempur menjelaskan tentang penimbangan sampah di BASIBA itu.

Ia menambahkan, tujuan dari didirikannya bank penimbangan sampah itu sendiri adalah untuk memecah permasalahan sampah yang sampai saat ini belum juga bisa teratasi dengan baik khususnya di wilayah Sempur.

Kemudian, membiasakan warga agar tidak membuang sampah sembarangan, memotivasi warga agar mau memilah sampah sehingga lingkungannya bersih.

Dengan pengelolaan sampah yang baik, lingkungan tempat tinggal akan semakin nyaman untuk dihuni, terlebih bebas dari berbagai macam penyakit yang ditimbulkan akibat sampah yang berserakan. Atau tidak dikelola secara baik dan benar.

“Manfaatnya tentu banyak, lingkungan jadi bersih, bebas dari banjir, penyakit dan lainnya. Warga juga dihimbau agar tidak membuang sampah sembarangan,” tutup Koptu Andry Herliyanto.***

Sumber: Hans 74 Pendim 0606/Kota Bogor
Muhammad Irfan Ramadan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here