Thursday, 2 May 2024
HomeHiburanBahaya Salah Gunakan Lampu Sein, Ini Fungsi Pentingnya

Bahaya Salah Gunakan Lampu Sein, Ini Fungsi Pentingnya

Bogordaily.net – Maraknya emak-emak salah menggunakan sein motor saat berkendara di jalan raya, masih terus terjadi. Padahal, sangat bahaya jika salah gunakan ketika berkendara.

menjadi salah satu alat komunikasi dengan pengendara lain saat di jalan. Jika digunakan dengan tepat, dapat mengurangi risiko kecelakaan dan tidak mengganggu pengendara lain.

umumnya digunakan saat akan belok kanan atau pindah ke jalur kanan dengan tujuan menyalip kendaraan di depan.

Tidak sedikit pula pengendara motor yang masih menyalakan secara tiba-tiba sebelum belok.

Akibat dari menyalakan secara tiba-tiba ini bisa menimbulkan terjadinya kecelakaan yang menimbulkan kerugian untuk diri sendiri dan pengendara lain.

Berdasar situs astramotor.co.id, berikut tiga fungsi penting nyalakan :

1. Sebagai petunjuk untuk motor ketika berbelok

terletak di samping kiri dan kanan lampu utama dan lampu rem. berguna sebagai indikator bahwa motor akan berbelok, sebagai petunjuk arah belok bagi pengendara di belakang.

Meskipun ini merupakan hal yang sepele, namun cukup meresahkan para pengendara motor yang lain. Jadi, bagi Anda gunakan yang tepat, apakah hendak berbelok ke kanan atau ke kiri, agar tidak mengganggu pengendara di belakang.

2. Mengurangi risiko kecelakaan

Pentingnya lampu sein selanjutnya adalah untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Apabila semua motor tidak dibekali dengan lampu sein atau para pengendara tidak menggunakan lampu sein ketika hendak berbelok dapat menyebabkan pengendara lain tidak tahu ke mana motor lainnya hendak berbelok.

Tanpa lampu sein, mereka yang berkendara di jalan bisa mengalami kecelakaan. Karena tidak ada indikator apapun yang dapat dijadikan pertimbangan dalam mengambil keputusan ketika berkendara di jalan.

Misalnya ketika Anda hendak menyalip kendaraan yang ada di depan, maka Anda harus memperhatikan lampu sein motor tersebut.

Jika lampunya menyala bagian kanan, maka sebaiknya urungkan niat untuk menyalip di sisi kanan. Tunggulah sampai motor itu berbelok, maka Anda baru bisa menerobos jalanan di depan.

3. Sebagai tanda pindah jalur

Saat Anda melewati jalanan yang memiliki dua jalur atau lebih, maka penting untuk menyalakan lampu sein ketika berpindah jalur. Dengan begitu, pengemudi lain yang berada di jalur yang sama dari arah yang berlawanan dapat mengantisipasi, karena sudah diberikan kode lampu sein oleh Anda. Mereka pun bisa menurunkan kecepatan dan mengurungkan niat jika akan menyalip motor Anda.

Itulah beberapa Pentingnya Penggunaan Lampu Sein Untuk Keselamatan Pengendara. Jadi sebisa mungkin fungsikan lampu sein sebagai unsur safety riding agar selamat di perjalanan, menyelamatkan diri sendiri juga orang lain.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here