Friday, 3 May 2024
HomeBeritaBakal Tren di 2023, Diet Mediterania Adalah ...

Bakal Tren di 2023, Diet Mediterania Adalah …

Bogordaily.net–  mediterania kabarnya bakal di 2023. Hal ini terungkap dari US News and World Report yang memeringkat gaya makan Mediterania sebagai terbaik tahun 2023.  Pola konsumsi Mediterania konon populer berkat metode sehatnya. Ini didorong temuan yang menunjukan kawasan di sekitar Laut Mediterania seperti Italia dan Yunani memiliki persebaran penyakit kardiovaskuler yang cenderung lebih sedikit. Seperti apa Mediterania? Berikut ulasannya sebagaimana dilansir dari laman Hellosehat.com.

Mediterania adalah pola makan yang dibuat berdasarkan konsumsi berbagai makanan tradisional dari negara Italia dan Yunani yang dikenal sejak tahun 1960-an. Pola makan ini mengutamakan bahan makanan yang bersumber tumbuhan yang kaya akan karbohidrat kompleks, vitamin, mineral, serta kandungan antioksidan.

Berbagai sumber kaya protein dan lemak seperti daging merah, ikan, daging putih (poultry) dan telur juga termasuk dalam pola konsumsi Mediterania, hanya saja dikonsumsi dengan frekuensi yang lebih sedikit.

Berikut rencana pola makan Mediterania secara sederhana:

Konsumsi harian

Konsumsi harian dapat disajikan setiap hari dengan frekuensi yang bervariasi. Jenis makanan dapat disajikan setiap hari seperti berbagai sayur dan buah, minyak zaitun, biji-bijian, kacang, serta rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu masakan. Konsumsi harian juga mencakup berbagai sumber karbohidrat yang bagus untuk seperti gandum utuh, umbi-umbian sereal, biji-bijian, nasi, dan pasta.

Konsumsi harian dengan jumlah sedang

Konsumsi yang termasuk jumlah sedang merupakan jenis makanan yang dapat dikonsumsi harian maupun mingguan dalam jumlah dan frekuensi yang tidak terlalu banyak, misalnya satu kali dalam sehari atau beberapa hari sekali. Jenis makanan yang mencakup dalam kelompok frekuensi ini antara lain berbagai produk daging putih, telur, susu dan produk olahan susu seperti keju dan yogurt.

Konsumsi mingguan

Pada konsumsi mingguan, kelompok makanan hanya boleh disajikan dan dikonsumsi sekitar dua hingga tiga kali dalam satu minggu, di antaranya berbagai jenis ikan (darat maupun laut) dan berbagai makanan laut (seafood) lainnya.

Konsumsi bulanan

Makanan yang termasuk konsumsi bulanan yakni kelompok makanan yang harus dibatasi, misalnya dikonsumsi satu hingga tiga kali dalam waktu satu bulan. Salah satunya yaitu daging merah. Selain itu berbagai makanan manis yang mengandung gula maupun pemanis juga dikurangi hingga frekuensi hanya dalam satu atau dua kali dalam sebulan atau, lebih baik lagi, dihindari.

Selain pengaturan frekuensi jenis makanan hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan pola konsumsi Mediterania di antaranya kurangi konsumsi gula dari minuman bersoda, es krim, dan gula pasir, kurangi konsumsi tepung olahan dari roti putih dan pasta yang dibuat dari tepung olahan, hindari lemak trans dari margarin dan berbagai makanan olahan, hindari konsumsi berbagai daging olahan, hindari konsumsi makanan olahan dengan label rendah lemak atau   serta kurangi konsumsi alkohol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here