Thursday, 2 May 2024
HomeNasionalBerapa Gaji dan Tunjangan Kepala Desa yang Minta Masa Jabatan Diperpanjang 9...

Berapa Gaji dan Tunjangan Kepala Desa yang Minta Masa Jabatan Diperpanjang 9 Tahun?

Bogordaily.net– Wacana perpanjangan masa jabatan (kades) menjadi sembilan tahun masih menjadi pro kontra. Isu ini bergulir usai kades yang tergabung dalam Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Pabdesi) menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR, beberapa waktu lalu dan menuntut agar masa jabatan kades dari enam tahun menjadi sembilan tahun per satu periode. Lalu berapa gaji dan ?

Desa merupakan wilayah administrasi terkecil dalam negara yang memiliki peran penting. Perangkat desa memiliki keterlibatan langsung dengan masyarakat, baik melalui peningkatan kualitas pelayanan atau kinerja secara personal. Sehingga kesejahteraan , sekretaris desa, dan perangkat desa lainnya diwujudkan lewat pemberian penghasilan tetap setiap bulannya.

Melansir Suara.com dari situs resmi BPK RI, besaran gaji yang diterima , sekretaris desa, dan perangkat desa lainnya tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2019. Besaran gaji untuk perangkat desa dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Desa yang bersumber dari Alokasi Dana Desa atau ADD.

Namun besaran gaji tetap yang diterima setiap posisi perangkat desa berbeda-beda. Berikut penghasilan tetap , sekretaris desa, dan perangkat desa lainnya menurut pasal 81 ayat 2:

1. Besaran penghasilan tetap paling sedikit Rp2.426.640.000 setara 120 persen dari gaji pokok PNS golongan IIa.

2. Besaran penghasilan tetap sekretaris desa paling sedikit Rp2.224.420 setara 110 persen dari gaji pokok PNS golongan ruang IIa.

3. Besaran penghasilan tetap perangkat desa lainnya paling sedikit Rp2.022.200 setara 100 persen dari gaji pokok PNS golongan IIa.

PP tersebut turut mengatur besaran minimum gaji yang bisa diperoleh perangkat desa. Adapun gaji perangkat desa bisa lebih tinggi tergantung dengan kebijakan masing-masing kepala daerah, dalam hal ini bupati atau wali kota.

Sementara itu dalam Pasal 100 PP Nomor 11 Tahun 2019, juga menerima penghasilan lain selain gaji tetap, yakni dana pengelolaan tanah desa. Hasil pengelolaan tanah kas desa ini terkadang bisa jauh lebih tinggi dibandingkan gaji itu sendiri.

Tanah ini dapat digarap sendiri sebagai lahan pertanian atau disewakan ke pihak lainnya. Sistem pendapatannya pun menjadi bagi hasil yakni 70 persen untuk operasional desa dan 30 persen untuk tunjangan , sekretaris desa, dan perangkat desa lainnya, serta tunjangan operasional Badan Permusyawaratan Desa.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here