Friday, 26 April 2024
HomeBeritaBerat Badan Turun Secara Tiba-tiba, Waspada 7 Penyakit Ini

Berat Badan Turun Secara Tiba-tiba, Waspada 7 Penyakit Ini

Bogordaily.net – Jangan senang dulu ketika turun secara tiba-tiba. Penurunan yang tidak dapat dijelaskan bisa berarti sesuatu yang serius telah terjadi di dalam tubuh dan perlu pemeriksaan dini untuk mencegahnya berkembang.

Penurunan yang signifikan tanpa penyebab jelas yang bisa Anda hubungkan, kemungkinan itu bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan serius yang mendasarinya.

Berikut ini enam masalah kesehatan yang mungkin menyebabkan penurunan tanpa sebab Anda seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Kanker

Salah satu gejala pertama kanker adalah penurunan mendadak. Tumor (jinak) dan kanker (ganas) menyerap nutrisi dari tubuh untuk tumbuh, juga akan menggunakan sebagai energi. Karena konsumsi nutrisi oleh tumor mulai meningkat, tubuh mulai kehilangan berat badan.

Jika Anda mengalami penurunan berat badan mendadak, maka solusi terbaik adalah segera berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit.

2. Diabetes

Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan juga dapat mengindikasikan diabetes. Pada penderita diabetes, insulin yang tidak mencukupi mengganggu kemampuan tubuh mendapatkan glukosa dari darah dan menggunakannya untuk sel-sel untuk menghasilkan energi.

Akibatnya, tubuh mulai membakar lemak dan otot untuk menyediakan energi agar sistem biologis berfungsi dengan baik. Hal ini menyebabkan penurunan berat badan secara keseluruhan.

3. Tiroid

Tiroid yang terlalu aktif disebut juga dengan hipertiroid, yang bisa memicu pada penurunan berat badan tanpa sebab. ini tidak menimbulkan gejala fisik, karenanya sulit terdeteksi. Meski beberapa gejala bisa diantisipasi adalah meningkatnya rasa lapar, jantung berdebar, dan merasa panas terus menerus.

Tidak bisa tidur di malam hari juga bisa menjadi salah satu gejala dari tiroid yang terlalu aktif. Jadi, jika Anda melihat beberapa gejala tersebut bersama dengan menurunnya berat badan, sudah waktunya Anda memeriksa tiroid Anda.

4. usus

celiac merupakan masalah autoimun yang berkaitan dengan gluten, yang bisa memicu penurunan berat badan tanpa gejala yang terlihat, terlepas dari diare.

ini menyebabkan masalah dengan pankreas yang memproduksi enzim yang membantu pencernaan. Warna kotoran pucat, merasa mual setelah makan makanan berlemak dan sakit perut merupakan gejala dari celiac.

5. Stres

Berat badan turun tanpa sebab juga bisa dikarenakan stres yang cukup berat, sehingga menyebabkan nafsu makan hilang. Otak akan melepaskan hormon-hormon yang menekan nafsu makan dan mengirim pesan pada kelenjar adrenal untuk membuat makan tidak jadi prioritas.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here