Wednesday, 8 May 2024
HomeBeritaBisa Bikin Stres, Berikut Cara Mengurangi Overthinking

Bisa Bikin Stres, Berikut Cara Mengurangi Overthinking

Bogordaily.net– atau memikirkan segala sesuatu secara berlebihan. Pada kondisi ekstrem, dapat menyebabkan bahkan gangguan kecemasan.  Kondisi ini harus segera diatasi agar tidak terus-menerus dan menyebabkan kerugian bagi kesehatan fisik maupun mental. Lalu bagaimana cara mengatasi atau mengurangi ? Dikutip dari laman Klikdokter.com, berikut cara mengatasi :

Berpasrah Diri

Lakukanlah semaksimal mungkin apa pun yang sedang dikerjakan saat ini. Yakin bahwa apa pun hasilnya, itu adalah yang terbaik dan sudah sesuai dengan batas kemampuanmu.

Selesaikan Urusan yang Mudah Terlebih Dahulu

Urutkan pekerjaan dan permasalahan dari yang paling ringan hingga berat. Hal ini bermanfaat untuk menyelesaikan lebih banyak hal dengan cepat dan tidak tertahan terlalu lama di pekerjaan yang sulit.  Mengerjakan hal yang ringan terlebih dahulu akan memberi sensasi kesuksesan yang membuat kamu bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan berikutnya.

Pasang Target

Boleh saja dengan syarat hanya untuk hal-hal yang memang bisa diselesaikan.  Hindari untuk hal-hal yang tidak dapat kamu selesaikan. Sadarlah bahwa kamu adalah manusia yang memiliki kemampuan sangat terbatas, sehingga tidak mampu menyelesaikan hal-hal yang memang di luar kuasa.

Alihkan Perhatianmu

Buat sibuk dengan kegiatan yang lebih bermanfaat, seperti melakukan hobi atau olahraga secara rutin. Hal ini akan menciptakan perasaan bahagia, sekaligus dapat dijadikan media untuk membuang energi dengan tidak percuma. Saat tubuh lelah setelah melakukan hobi atau olahraga, maka sudah tidak lagi memiliki energi untuk . Sehingga bisa beristirahat dengan nyaman.

Meditasi

Meditasi terbukti menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi . Supaya manfaatnya benar-benar optimal, lakukan meditasi di tempat yang gelap dan tenang. Atur napas dengan baik, dan usahakan untuk membuat tubuh serta pikiran tetap rileks.

Ambil Tindakan

Agar tidak melulu, cobalah fokus memikirkan solusi dan tindakan yang harus kamu lakukan. Jangan pedulikan hasil, yang penting kamu telah mencobanya sekuat tenaga.

Rangkul Rasa Takut

Mempelajari cara menerima kondisi tersebut bisa sangat membantu dalam mengekang pemikiran yang berlebihan.  Tidak perlu terburu-buru. Lakukanlah secara bertahap dan berproses, agar beban pikiran kamu tidak malah bertambah dan memperburuk overthinking yang sebelumnya.

Minta Bantuan

Jika merasa tidak kuat, kamu tidak harus melakukannya sendiri. Mintalah bantuan pada terapis yang berkualitas agar beban di pikiranmu bisa berkurang secara bertahap. Kamu juga bisa meminta bantuan pada teman kepercayaan. Dengan bercerita pada teman kepercayaan, bisa mendapat timbal balik yang mungkin saja menjadi motivasi atau cara mengatasi overthinking yang dialami.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here