Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaBom Bunuh Diri Meledak di Masjid Pakistan, 61 Orang Tewas

Bom Bunuh Diri Meledak di Masjid Pakistan, 61 Orang Tewas

Bogordaily.net–  bunuh diri meledak di masjid yang berada di kantor polisi di . Puluhan orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka pada Senin, 30 Januari 2023. Korban tewas hingga, Selasa, 31 Januari 2023 dilaporkan sebanyak 61 orang dan 150 luka-luka.

Perdana Menteri Shehbaz Sharif menyebut ledakan itu sebagai serangan bunuh diri yang terjadi saat saat zuhur. Kondisi masjid sedang dipenuhi jamaah termasuk anggota polisi. Diperkirakan ada ratusan orang di dalam masjid saat ledakan terjadi.

Melansir Sindonews.com, anggota polisi termasuk di antara korban tewas dan luka-luka. Serangan terjadi saat sore di ibu kota provinsi Peshawar, dekat bekas daerah kesukuan di sepanjang perbatasan Afghanistan.

“Banyak polisi terkubur di bawah reruntuhan,” kata Kepala Polisi Peshawar, Muhammad Ijaz Khan, yang memperkirakan antara 300 dan 400 petugas biasanya menghadiri salat di masjid.

“Upaya sedang dilakukan untuk mengeluarkan mereka dengan aman,” tambahnya dikutip dari AFP.

Orang-orang yang selamat berlumuran darah muncul tertatih-tatih dari reruntuhan, sementara mayat diangkut dengan ambulans.

Jumlah korban tewas terus meningkat karena semakin banyak mayat yang ditarik dari puing-puing, meningkat menjadi 61 orang tewas dengan lebih dari 150 orang terluka.

Di antara korban masih masih ada yang terperangkap di reruntuhan.

“Kami telah memberi mereka oksigen agar mereka tidak mengalami masalah pernapasan,” kata Bilal Ahmad Faizi, juru bicara organisasi penyelamat 1122.

Salah satu polisi Peshawar, Sikandar Khan, mengatakan ledakan terjadi di masjid, saat banyak orang berkumpul untuk salat.

“Sebagian bangunan runtuh dan beberapa orang diyakini berada di bawah [reruntuhan itu],” kata Khan, seperti dikutip Reuters.

Kepala polisi Kota Peshawar, Muhammad Ijaz Khan, mengatakan kapasitas ruang utama masjid hampir 300 orang. Menurutnya, ruangan “nyaris penuh” saat ledakan terjadi.

Di sisi lain belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, di tengah situasi keamanan yang memburuk di negara itu.

Markas besar polisi di Peshawar berada di salah satu daerah yang paling dikontrol ketat di kota itu, menampung biro intelijen dan kontra-terorisme, dan bersebelahan dengan sekretariat daerah.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here