Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaBukan Asma, Ini 4 Penyebab Lain Dada Terasa Sesak

Bukan Asma, Ini 4 Penyebab Lain Dada Terasa Sesak

Bogordaily.net – Ada banyak penyebab terasa sesak, selain asma itu sendiri. Menyadur dari laman hellosehat.com, ada beberapa penyebab lain dari yang tiba-tiba terasa sesak. Berikut ulasannya :

1. Angina

Angina adalah suatu kondisi nyeri yang terjadi karena kurangnya pasokan oksigen serta darah yang menuju ke jantung.

Kondisi ini biasanya terjadi karena adanya penumpukan kolesterol dan lemak di dalam arteri koroner jantung.

Gejala angina yang paling umum adalah terasa seperti diremas secara kuat yang menyebabkan terasa nyeri.

Hal ini dapat disebabkan karena pikiran yang stres atau olahraga yang terlalu berat. Meskipun angina akan segera mereda dengan beristirahat, namun perlu diketahui bahwa angina merupakan salah satu gejala dari penyakit jantung yang mendasari, seperti penyakit jantung koroner.

2. Tuberkulosis

Tuberkulosis atau TBC merupakan suatu penyakit menular yang terjadi karena adanya infeksi bakteri. TBC pada umumnya lebih sering menyerang paru-paru, tetapi juga dapat menyerang organ tubuh lain, seperti otak, ginjal, maupun tulang belakang.

Bakteri penyebab TBC yang menyerang paru-paru menyebabkan batuk kronis yang secara terus-menerus, namun gejala lain TBC pada umumnya adalah yang terasa sesak.

Kondisi ini dapat muncul akibat adanya penggenangan cairan di antara selaput pembungkus paru dengan lapisan yang melindungi dinding .

3. Serangan panik

Adanya serangan panik dapat membuat terasa sesak seketika. Pada umumnya, kondisi serangan panik ini bisa menyebabkan terjadinya hiperventilasi.

Hiperventilasi merupakan kondisi di mana kita menghirup begitu banyak oksigen dan mengembuskannya secara cepat dalam waktu yang bersamaan, sehingga kadar karbon dioksida merosot drastis yang kemudian terjadi penyempitan pada pembuluh darah.

4. Pneumonia

Pneumonia merupakan peradangan paru-paru yang biasanya disebabkan oleh infeksi. Beberapa gejala umum dari Pneumonia adalah demam, batuk berdahak, hingga sesak napas.

Pneumonia sering menyerang secara tiba-tiba, yang kemudian menyebabkan serangkaian gejala yang hampir mirip dengan pilek atau flu. Akan tetapi, kondisi ini bertahan lebih lama.

Peradangan pada paru ini kemudian juga bisa menyebabkan nyeri pleuritik atau peradangan pada lapisan paru. Kondisi ini juga mengakibatkan terasa sesak saat bernapas.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here