Friday, 29 March 2024
HomeHiburanBukan Kelinci, Ini Shio Tahun Baru Imlek di Vietnam

Bukan Kelinci, Ini Shio Tahun Baru Imlek di Vietnam

Bogordaily.net – Berdasarkan sistem penanggalan , tahun ini merupakan Tahun Kelinci Air. Seperti kita ketahui, sistem penanggalan , yang berpatokan pada sistem peredaran bulan ini, dikaitkan dengan keberadaan zodiak () yang meliputi duabelas jenis hewan dan lima jenis elemen alam raya. Namun berbeda dengan di Vietnam.

Keduabelas hewan itu adalah tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing dan babi. Adapun kelima elemen alam raya adalah air, kayu, api, tanah, dan logam.

Cerita-cerita lama menyebut, bahwa dulu sekali Kaisar Giok konon pernah mengorganisir perlombaan menyeberangi sungai untuk semua hewan di dunia.

Setelah dilangsungkan perlombaan tersebut, ternyata ada 12 hewan pertama yang berhasil menyeberang dan mencapai sisi lain sungai. Nah 12 hewan inilah yang akhirnya akan muncul dalam sistem penanggalan .

Selain di Tiongkok, Tahun Baru Musim Semi juga dirayakan secara besar-besaran di Vietnam. Mereka menyebutnya Tahun Baru Tet.

Seperti juga dalam kalender , kalender penanggalan Vietnam juga melibatkan dari 12 binatang. Yang membedakannya yaitu pada penanggalan Vietnam tidak ada kelinci. Yang ada justru . Sementara, 11 hewan lainnya tetap sama seperti penanggalan . Dengan demikian, menurut kalender Vietnam, Tahun 2023 ini adalah Tahun .

Di Vietnam, Tahun Kucing terakhir kali muncul pada tahun 2011. Media Vietnam Plus melaporkan pada saat itu bahwa jumlah bayi yang baru lahir meningkat pada hari-hari pertama Tahun Baru Tet.

Di sebuah rumah sakit di Kota Ho Chi Minh, 72.000 wanita hamil mengunjungi rumah sakit tersebut pada bulan Januari, meningkat 19.000 dari tahun sebelumnya. Warga Vietnam mengatakan bahwa Tahun Kucing dianggap sebagai tahun keberuntungan.

Tahun ini, VNExpress melaporkan banyak orang Vietnam yang membeli casing baru bertema kucing untuk ponsel mereka. Dan salah satu pencarian Google teratas di Vietnam sekarang ini adalah “mengapa tidak ada kucing dalam zodiak Tiongkok”.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here