Monday, 29 April 2024
HomeBeritaBuron 30 Tahun, Bos Mafia di Italia Ditangkap

Buron 30 Tahun, Bos Mafia di Italia Ditangkap

Bogordaily.net–  Buron selama 30 tahun, Matteo Messina Denaro yang dikenal sebagai bos Cosa Nostra ditangkap Polisi , Senin, 16 Januari 2023.

Penangkapan terhadap bos paling dicari di Eroa itu dilakukan dalam operasi khusus di klinik kesehatan di Palermo yang menjadi tempat sang menjalani perawatan medis. Hal itu diungkapkan Jaksa di , Maurizio de Lucia.

Dilansir dari CNN Indonesia, menurutnya, Denaro menjadi buronan sejak 1993. Polisi Eropa atau Europol juga menganggap pentolan ini sebagai orang paling dicari di Benua Biru itu.

Penangkapan Denaro menyedot perhatian dan pujian dari berbagai pejabat. Kepala polisi , Lamberto Giannini, mengaku tindakan tersebut sebagai kesuksesan.

“Ini kemenangan bagi semua pasukan polisi yang bekerja sama selama bertahun-tahun untuk menyeret buron ke pengadilan,” kata Giannini pada Senin, seperti dikutip CNN.

Di sisi lain, Perdana Menteri Giorgia Meloni sampai-sampai menyebut penangkapan ini sebagai kemenangan bagi .

“Sebuah kemenangan besar bagi negara yang tak menyerah di hadapan mafia,” kata Meloni di Twitter.

Menteri Pertahanan , Guido Crosetto, juga mengatakan penangkapan ini sebagai kemenangan negara atas mafia.

Sementara itu dikenal sebagai Diabolik atau penjahat paling kejam, Denaro dianggap sebagai salah satu penerus Bernardo Provenzano, bos mafia yang paling ditakuti di .

Provenzano ditangkap di Corleone, Sisilia, pada April 2006 dan meninggal dunia pada 2016.

Denaro menjadi buron usai melakukan serangkaian pembunuhan pada 1990-an.

Bos mafia itu dituduh berperan dalam pembunuhan jaksa antimafia Giovanni Falcone dan Paolo Borsellino pada 1992.

Ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, secara in absentia. Selain itu, Denaro juga terancam penjara seumur hidup gegara dituduh berperan dalam serangan bom di Florence, Roma, dan Milan yang mengakibatkan sepuluh orang tewas.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here