Saturday, 20 April 2024
HomeHiburanCara Mudah Merawat Tas Kulit, Awet dan Tidak Mudah Terkelupas

Cara Mudah Merawat Tas Kulit, Awet dan Tidak Mudah Terkelupas

Bogordaily.net – Cara merawat agar tetap awet dan tidak terkelupas. memang jadi andalan para pencinta fashion. Selain punya model tas yang mewah, juga bisa menciptakan gaya fashion yang lebih elegan.

Umunya, bahan terbagi menjadi dua, yakni kulit asli dan kulit sintetis. Dengan tampilannya yang elegan, tidak mengherankan jika dipatok dengan harga yang cukup mahal. Makanya, perawatan juga akan berbeda dari tas kain biasanya.

Untuk menjaga dan merawat , ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tas kesayangan kamu tetap tampak seperti baru. Berikut ini telah kami rangkum tips menyimpan dan merawat yang benar.

1. Jauhkan dari paparan sinar matahari dan air

Saat berjalan di siang hari, usahakan agar tas tidak terkena matahari dalam waktu yang lama. Soalnya, sinar matahari bisa membuat warna kulit tas memudar dan membuatnya tampak kusam dan kering.

Selain itu, kamu juga harus menjauhkan dari air karena bahan kulit yang lembab setelah terkena air dapat menjadi wadah bagi pertumbuhan jamur pada tas kamu.

2. Jangan gunakan cairan kimia

Jangan gunakam caira kimia seperti tisu basah, cuka, ataupun cairan kimia lain yang sering digunakan untuk membersihkan barang di rumah. Sebab, kandungan dalam cairan bisa saja menyebabkan rusaknya kulit tas.

Cukup Anda bersihkan tas berbahan kulit tersebut seminggu sekali dengan mencampurkan sabun cair secukupnya dengan air hangat. Gunakan kain halus berwarna putih supaya warna kain tidak luntur dan mengotori favorit Anda.

3. Jangan cuci dengan deterjen

Tas berbahan kulit tidak cocok jika dibersihkan dengan deterjen yang terlalu keras.

Residu sabun yang dihasilkan deterjen dapat menyumbat pori-pori tas sehingga tekstur tas jadi kering dan tampak pecah-pecah sehingga mudah terkelupas.

4. Gunakan lotion anti jamur

Tak hanya rutin membersihkan, cara merawat tas kulit yang tidak kalah penting adalah mengoleskan lotion anti jamur. Sesuai dengan namanya, penggunaan lotion anti jamur berfungsi untuk menjaga lapisan kulit agar tidak mudah rusak, apalagi berjamur.

5. Simpan tas kulit dengan benar

Seperti yang kita tahu, jamur sangat suka tempat-tempat yang lembap dan tertutup. Oleh karena itu, cara menyimpan tas kulit agar tetap awet dan bebas jamur dengan menyimpannya di ruangan, atau lemari yang memiliki sirkulasi yang baik.

Tidak ada salahnya Mama juga menyimpan tas kulit di dalam dust bag, untuk menjaga setiap lapisan tas kulit. Namun, pastikan rutin mengeluarkan tas kulit dari dust bag, minimal dua minggu sekali

6. Isi tas dengan bubble wrap

Agar bentuk tas selalu terjaga, satu langkah penting dalam merawat tas kulit yang tidak boleh Anda lupakan adalah memasukkan bubble wrap ke dalam tas saat disimpan.

Jika tidak memiliki bubble wrap, Anda bisa menggunakan kain bekas yang bersih, atau dengan kertas koran sebagai gantinya.

Demikianlah tadi informasi cara merawat tas kulit agar tetap awet dan tidak mudah terkelupas.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kujungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here