Monday, 29 April 2024
HomeNasionalDiduga Gelapkan Dana BLT, Oknum Kades di Halsel Diamuk Warga

Diduga Gelapkan Dana BLT, Oknum Kades di Halsel Diamuk Warga

Bogordaily.net – Beredar video seorang oknum kepala Desa (Kades) di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) lantaran diduga menggelapkan dana desa ratusan juta.

Setelah dan diserahkan ke pihak berwajib, Kepala Desa Foya Tobaru, Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Topirus Jela Jela, diamankan polisi.

Kabar tersebut pun telah sampai di telinga Bupati Usman Sidik. Usman menegaskan bakal menindak Topirus jika terbukti bersalah.

“Insya Allah kami akan tindak tegas sesuai aturan yang berlaku. Kami akan sanksi setegas-tegasnya,” kata Usman dikutip dari Media Sumut, Selasa 10 Januari 2023.

Usman juga menyerahkan ke polisi untuk memproses Topirus sesuai hukum yang berlaku. “Untuk itulah saya sampaikan sesuai aturan yang berlaku,” tuturnya.

Ia mengaku tetap menghargai proses hukum yang berjalan di kepolisian, sampai adanya putusan hukum tetap. Dia juga meminta polisi untuk memproses siapapun yang terlibat dalam kasus desa tersebut.

“Kalau terbukti secara hukum melanggar tentu kami pecat yang bersangkutan sebagai ASN. Dan saya juga minta polisi proses hukum siapa pun terlibat kasus ini,” tandas Usman.

Sementara itu, Kapolres Halmahera Selatan, AKBP Herry Purwanto mengatakan Topirus diamankan oleh Polsek Gane Timur. Topirus diamankan terkait desa.

Sebelum diamankan, Topirus nyaris dihakimi warganya. Ia ditangkap dan diinterogasi oleh warganya terkait penyaluran dana desa yang tak sesuai ketentuan.

Herry mengatakan, awalnya Foya Tobaru hendak melakukan tindakan anarkis terhadap Topirus. Herry pun langsung memerintahkan Kapolsek Gane Timur turun ke tempat kejadian perkara untuk menenangkan bersama TNI.

“Saya perintahkan Kapolsek segera ke TKP untuk menenangkan ,” kata Herry.

Setelah itu, Topirus langsung diamankan dan dibawa ke Polres di Labuha untuk dimintai keterangan. “Kemarin kades diperiksa, kemudian anggota yang melakukan pengamanan di TKP sebanyak lima personel,” jelasnya.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here