Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaDiperingati Setiap 25 Januari, Ini Sejarah Hari Gizi Nasional

Diperingati Setiap 25 Januari, Ini Sejarah Hari Gizi Nasional

Bogordaily.net–  Hari ini, Rabu, 25 Januari 2023 diperingati sebagai . Setiap tahunnya tanggal 25 Januari merupakan peringatan . Pemerintah mengusung tema “Protein Hewani Cegah Stunting” tahun ini. Lalu bagaimana ?

Melansir Suara.com dari laman Sehat Negeriku milik Kementerian Kesehatan RI, pada tahun 1950, J Leimena yang saat itu menjabat sebagai Menteri Kesehatan mengangkat Prof. Poorwo Soedarmo menjabat sebagai kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR) atau juga dikenal dengan Instituut Voor Volksvoeding (IVV).

Penunjukan Prof. Poorwo dalam upaya perbaikan gizi tersebut sekaligus membuatnya dikenal sebagai Bapak Gizi Indonesia.

Kemudian pada 25 Januari 1951, LMR memprakarsai berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan untuk pengkaderan tenaga gizi Indonesia. yang jatuh setiap tanggal 25 Januari dimaksudkan sebagai pengingat dimulainya upaya perbaikan gizi di Indonesia.

Setelah itu, tepatnya tahun 1970-an sampai sekarang, peringatan berada di bawah tangan Direktorat Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan.

Sementara itu salah satu upaya pemerintah memperbaiki gizi masyarakat tertuang dalam Program Indonesia Sehat. Program ini akan fokus beberapa hal yakni percepatan penurunan kematian ibu dan kematian bayi, perbaikan gizi khususnya stunting, dan penurunan prevalensi penyakit menular dan penyakit tidak menular.

Hal tersebut kemudian diimplementasikan melalui pendekatan keluarga dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017.

Tindakan GERMAS tersebut diantaranya melakukan aktivitas fisik; mengonsumsi sayur, buah, dan ikan; memeriksa kesehatan secara rutin; tidak merokok; tidak mengonsumsi alkohol; melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta membersihkan lingkungan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here