Tuesday, 30 April 2024
HomeKabupaten BogorDitunda, Warga Rumpin Minta Pemprov Segera Selesaikan Pengerjaan Tol Truk Tambang Parungpanjang-Rumpin

Ditunda, Warga Rumpin Minta Pemprov Segera Selesaikan Pengerjaan Tol Truk Tambang Parungpanjang-Rumpin

Bogordaily.net jalan bebas hambatan untuk truk  tambang yang lalu lalang di wilayah utara Kabupaten Bogor belum juga terealisasi. Padahal, keberadaan tol di kawasan Parungpanjang- itu sudah dinantikan oleh warga setempat.

Paslanya, jalur khusu truk itu menjadi salah satu untuk mengatasi persoalan sopir truk ugal-ugalan dan kerap menelan korban jiwa ini sudah sangat dinantikan, terutama oleh warga sekitar.

Bogordaily.net menyusuri sepanjang jalan di kawasan , Kabupaten Bogor. Aktivitas tambang di wilayah itu tampak berjalan normal. Perusahaan tambang tetap melakukan aktivitasnya.

Mereka mengirim beberapa armada truk untuk mengangkut bahan tambang yang dihasilkan dan nantinya dibawa oleh armada truk yang melintasi jalur khusus tambang. Tak jarang, truk tersebut masih melewati jalan arteri di wilayah Kecamatan , Kabupaten Bogor.

Saat dimintai keterangan terkait situasi pemandangan sehari-hari di kawasan tersebut, salah satu warga , Ade mengaku pemandangan jalan rusak dan penuh debu ini sudah menjadi pemandangan biasa yang selalu jadi panorama kedua matanya.

“Setiap hari di sini pasti ngebul namanya juga wilayah tambang proyek. Jadi sudah terbiasa,” kata Ade kepada Bogordaily.net, Kamis 12 Januari 2023.

Ia mengatakan, warga di sekitar kawasan tersebut tetap menjalani aktivitas seperti biasanya. Kendati terkadang ada hambatan dengan banyaknya truk yang mondar mandir serta jalan rusak dan berlubang bagaikan kolam lele.

“Kalau aktivitas warga disini ya tetap seperti biasa walaupun banyak truk berlalu lalang, tetap warga berlalu lintas di sekitar sini,” jelasnya.

Ade menyebut, kendaraan besar yang melintas di kawasan ini sendiri sudah ada jam opresionalnya mulai dari pukul 07.00 hingga 12.00 WIB. Setelah pukul 13.00 WIB perlintasan akan ramai kembali.

“Kalau jam opersional sih udah ada ya. Biasa mulai jam 07.00 WIB,  kalau jam 12 itu anak sekolah pulang di sini truk pada istirahat dan lanjut lagi sekitar jam 1 siang mulai rame lagi,” ujar Ade.

Ia pun berharap, Pemerintah dapat memberikan solusi terbaik bagi masyarakat di wilayah Kecamatan agar tidak ada hambatan dalam menjalani aktivitasnya.

Ditemui ditempat yang berbeda, Camat Ade Zulfahmi berharap, agar segera dilakukan percepatan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Sebab, kata dia, proyek jalan khusus tambang tersebut merupakan janji dari Gubernur Jawa Barat, untuk mengurangi tingkat kecelakaan di wilayah sekitar tambang.

“Kami tentunya mendukung. Istilahnya bukan pendampingan  kami memfasilitasi agar nantinya segera terselesaikan dan yang saat ini sudah ada, berupa pembebasan lahan yang menunjukkan kesungguhan, dari pihak pemerintah baik Provinsi Jabar maupun Pemkab Bogor,” jelas Camat Rumpin saat dikonfirmasi.

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here