Thursday, 25 April 2024
HomeHiburanDoa Ketika Telinga Kiri Berdenging Lengkap dengan Penjelasannya

Doa Ketika Telinga Kiri Berdenging Lengkap dengan Penjelasannya

Bogordaily.net ketika telinga kiri berdenging lengkap dengan penjelasannya. Pernahkah Anda merasa ada suara asing yang menggangu di telinga kiri atau kanan? Suara yang berbunyi “nging”, atau “ngung” yang kadang membuat telinga kita sakit?

Masalah telinga berdenging umumnya berhubungan dengan kesehatan. Selain itu, ternyata ada arti telinga berdenging sebelah kiri menurut .

Suara berdenging di telinga biasanya cukup mengganggu dan kadang muncul tanpa sebab. Kondisi ini terasa seperti ada suara lebah atau nyamuk yang terbang berputar-putar di dalam lubang telinga.

Beredar mitos di tengah masyarakat bahwa telinga berdenging adalah pertanda ada orang yang sedang membicarakannya. Banyak orang meyakini bahwa telinga berdenging menandakan ada orang yang sedang bergosip.

Benarkah demikian? Sebab hingga kini penyebab telinga berdenging belum diketahui secara medis. Justru muncul berbagai mitos yang tidak bisa dipertanggungjawabkan seperti sedang dipergunjingkan oleh orang lain.

Dalam , ketika telinga kita berdenging disunahkan membaca . Bagaimana bacaan ketika telinga kiri berdenging? Simak selengkapnya di bawah ini.

Banyak yang mengatakan bahwa arti telinga berdenging sebelah kiri menurut adalah karena Rasulullah SAW merindukan umatnya.

Hal ini diketahui berdasarkan hadis yang berbunyi:

إِذَا طَنَّتْ أُذُنُ أَحَدِكُمْ فَلْيَذْكُرْنِي وَلْيُصَلِّ عَلَيَّ ، وَلْيَقُلْ : ذَكَرَ اللَّهُ مَنْ ذَكَرَنِي بِخَيْرٍ

Artinya: “Apabila telinga kalian berdenging, hendaklah dia mengingatku, dan membaca shalawat untukku, dan hendaknya dia mengucapkan, 'Semoga Allah mengingat orang yang mengingatkan dengan mendoakan kebaikan.”

saat Telinga Berdenging

Banyak yang percaya bahwa saat ada suara berdenging di telinga, itu berarti ada orang yang sedang membicarakan kita.

Setelah mengetahui arti telinga berdenging sebelah kiri menurut , NU Online memberikan contoh yang sebaiknya dibaca saat telinga berdenging:

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ذَكَرَهُ اللهُ مَنْ ذَكَرَنِيْ بِخَيْرٍ

(Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin, dzakarahullâhu man dzakaranî bikhairin)

Artinya: “Hai Tuhanku, berilah salawat dan sejahtera atas sayyidina Muhammad dan atas keluarga sayyidina Muhammad. Semoga Allah menyebut dengan rahmat orang yang menyebutku dengan kebaikan.” (Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar)

Penjelasan Ketika Telinga Berdenging
Telinga berdenging kerap dibahas dalam hadis-hadis Nabi.

Hadis riwayat Ibnu Sini berikut ini menjelaskan bahwa telinga berdenging adalah suatu pengingat kepada kita untuk membaca sholawat kepada Nabi SAW dan membaca doa seperti yang telah dibahas di atas.

” Apabila telinga seseorang di antara kalian berdenging, hendaklah mengingat dan membaca sholawat untukku, dan hendaknya pula ia mengucapkan: semoga Allah SWT menyebut dengan baik orang yang membicarakan diriku.” (HR. Ibnu Sini 165)

Doa Ketika Mati Lampu dan Kisah Teladan Rasulullah SAW Kala Penerangan Padam
Orang-orang yang mengalami telinga berdenging, dianjurkan membaca sholawat dan doa-doa.

Pasalnya, orang yang sedang mengalami telinga berdenging dipercaya bahwa nama mereka sedang disebut oleh Rasulullah SAW. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Imam Munawi dalam Kitab At-Taysir bi Syarh al-Jami'ish Shoghir:

” Makaa sesungguhnya telinga itu berdengung ketika datang berita baik kepada ruh, yaitu Rasulullah SAW al-Mushthofa telah menyebut orang tersebut (pemilik telinga yang berdengung) dengan kebaikan di mala-il a'la (perkumpulan atau majelis tertinggi) di alam ruh.”

Demikian itulah penjelasan dan bacaan doa ketika telinga kiri berdenging yang dapat kamu amalkan.(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here