Sunday, 12 May 2024
HomeEkonomiElly Rachmat Yasin: Peran Kemitraan UMKM dan BUMN untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Elly Rachmat Yasin: Peran Kemitraan UMKM dan BUMN untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Bogordaily.net–  Anggota Komisi VI DPR RI, Fraksi PPP   melaksanakan sosialisasi bersama tokoh masyarakat mengenai peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Waskita Karya (Persero) Tbk, BUMN bidang konstruksi yang memiliki kepedulian terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

menyebut berdiri pada tahun 1961, kini Waskita Karya memiliki visi menjadi perusahaan terdepan dalam membangun ekosistem yang berkelanjutan. Dengan salah satu misinya memperhatikan kepedulian sosial dan keseimbangan lingkungan dalam aktivitas bisnis perusahaan.

“Berbagai manfaat dari pembangunan yang diperankan oleh Waskita Karya. Seperti membangun 1.300 KM jalan tol, berbagai bendungan, kelistrikan, bangunan gedung, bandar udara, dan jalur perkeretaapian,” ujar anggota DPR RI Fraksi PPP dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat V Kabupaten Bogor tersebut.

Ia menjelaskan, manfaat jalan Tol Trans Jawa (Jakarta–Surabaya) dapat memangkas waktu tempuh dari 20 jam menjadi 12 jam. Jalan Tol Trans Sumatera (Bakauheni–Palembang) memangkas waktu tempuh dari 12 jam menjadi 6 jam.

Anggota Komisi VI DPR RI, Fraksi PPP saat sosialisasi bersama tokoh masyarakat mengenai peran BUMN.(Istimewa/Bogordaily.net)

“Waktu tempuh yang lebih singkat tersebut dapat menurunkan biaya pengiriman logistik khususnya biaya bahan bakar dan menjaga kualitas komoditas yang dikirim,” kata Elly.

Sementara itu terkait pembangunan bendungan seperti bendungan Raknamo di Nusa Tenggara Timur, Bendungan Gondang di Jawa Tengah, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, dan lainnya ia juga menilai bermanfaat sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air, sumber irigasi, sumber air bersih dan pengendali banjir.

“Waskita Karya juga tengah membangun jaringan transmisi di Sumatera yang bertujuan untuk mengalirkan listrik dari pembangkit listrik tenaga batu bara di bagian selatan ke bagian utara pulau Sumatera,” ungkapnya.

Kemudian, pada sektor bandar udara, telah membangun beberapa bandara seperti Terminal 1, Terminal  2, dan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta dan bandara lainnya untuk menampung peningkatan jumlah pergerakan pesawat perhari, peningkatan jumlah penumpang perhari, dan peningkatan pergerakan kargo perhari.

Selain di dalam negeri, Waskita juga mengerjakan proyek di luar negeri seperti Mataf Masjidil Haram di Arab Saudi, Abu Dhabi Financial Center, Legend Plaza Residential Apartment di Uni Emirat Arab, Bandara Suai di Timor Leste.

“Saya berharap Waskita Karya terus berkiprah dalam pembangunan nasional. Juga terus menggandeng usaha rakyat, UMKM untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” harapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here