Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaFenomena Alam Kembali Terjadi, Muncul Danau dan Sungai di Arab Saudi

Fenomena Alam Kembali Terjadi, Muncul Danau dan Sungai di Arab Saudi

Bogordaily.net – Fenomena alam kembali terjadi di tanah , kali ini muncul sejumlah dan sungai di Wadi al-Rummah, . Hal ini berkaitan dengan hujan deras baru-baru ini di seluruh Kerajaan.

Danau dan sungai dadakan tersebut menjadi tempat hiburan baru untuk warga . Dimana ada orang yang bermain jet ski dan juga penunggang kuda yang berkeliling.

Seperti dilaporkan oleh media Timur Tengah, Al-Arabiya, danau dadakan itu terdapat di Wadi al-Rummah . Danau itu disebut terbentuk karena curah hujan yang tinggi melanda beberapa wilayah, sehingga memicu munculnya danau yang luas dan langka di daerah tersebut.

“Para pemain jet ski dan penunggang kuda terlihat memanfaatkan danau dan sungai sementara yang tercipta di Wadi al-Rummah, , setelah hujan deras baru-baru ini di seluruh kerajaan. Curah hujan tinggi yang telah melanda beberapa bagian kerajaan telah menciptakan danau luas yang langka yang biasanya terletak tandus di tengah iklim yang gersang,” tulis Media Timur Tengah itu.

Mengulik ke belakang lagi, sebenarnya genangan terlama juga terjadi di 1818, saat banjir muncul selama 40 hari. Lalu 1838 selama 22 hari dan 1987 serta 2008 selama 17 hari.

“Pada tahun 1838 wadi meluap, menciptakan danau seluas 200 mil persegi (520 kilometer persegi) yang bertahan selama dua tahun. Fenomena ini menarik burung air yang jarang terlihat di lembah,” tambah media itu.

Sebelumnya di Januari 2023, Pusat Meteorologi Nasional mengumumkan bahwa hujan lebat, disertai angin kencang, terjadi di beberapa bagian Mekkah, Jeddah, Rabigh, Taif, Jamum, al-Kamil, Bahra, Khulais, al-Laith, al-Qunfudhah, al-Ardiyat, Adham al-Baha, dan Asir. Hujan deras juga melanda Medina, al-Qassim, dan Riyadh.

Ini kemudian membuat sejumlah wilayah Makkah yang tandus ditumbuhi rerumputan hijau. Salju bahkan menyelimuti wilayah Tabuk di utara saat suhu anjlok di seluruh negeri.

Fenomena ini sebenarnya sudah diisyaratkan oleh Pusat Meteorologi Nasional pada awal Januari 2023 melalui pengumuman.

Bahwa hujan deras disertai angin kencang akan turun di beberapa bagian Mekkah, Jeddah, Rabigh, Taif, Jamum, al-Kamil, Bahra, Khulais, al-laith, al Qunfudhah, al Ardiyat, Adham al-Baha, dan Asir.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here