Wednesday, 8 May 2024
HomeViralFenomena Ikan Terbang di Jakut, Sudin KPKP Aman Dikonsumsi

Fenomena Ikan Terbang di Jakut, Sudin KPKP Aman Dikonsumsi

Bogordaily.net – Baru-baru ini publik digegerkan dengan fenomena alam ke daratan. Hal itu kembali terjadi di wilayah pesisir Jakarta Utara (Jakut), di salah satu dermaga Pelabuhan Tanjung Priok.

Sebelumnya, fenomena alam ke daratan di sosial media usai diunggah akun Instagram @jakut_update.

Dalam video singkat yang diunggah, terlihat sejumlah ikan naik ke permukaan daratan di area Pelabuhan Tanjung Priok pada 5 Januari 2023 lalu.

Dalam rekaman video amatir yang beredar, sejumlah petugas pelabuhan terlihat asyik mengambil puluhan ikan yang melompat ke ujung dermaga.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Utara, Unang Rustanto menyebut ribuan ikan itu aman dikonsumsi.

“Infonya seperti itu tetapi kami pastikan kalaupun ikan naik ke darat itu dari hasil uji laboratorium yang dilakukan beberapa hari lalu di Kepulauan Seribu enggak ada racun jadi layak dikonsumsi masyarakat gak usah panik,” kata Unang dikutip dari Warta Kota, Rabu 11 Januari 2023.

Dijelaskan Unang, fenomena alam ribuan ikan berterbangan ke daratan itu disebabkan perbedaan suhu dan oksigen pada air laut. Bukan hanya terjadi di Jakarta, tetapi juga sejumlah wilayah pesisir di Indonesia.

“Itu fenomena alam kejadiannya di mana, di NTT juga iya, itu karena ada perbedaan suhu dan oksigen sehingga ikan ke atas mencari udara karena efek cuaca yang ekstrem dengan adanya air tawar masuk ke situ,” ucapnya.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here