Friday, 3 May 2024
HomeBeritaFinal Piala AFF 2022: Kalahkan Vietnam, Thailand Sabet Gelar Juara Ketujuh

Final Piala AFF 2022: Kalahkan Vietnam, Thailand Sabet Gelar Juara Ketujuh

Bogordaily.net–  Final Piala AFF 2022 antara Timnas vs berakhir. Hasilnya, sukses menyabet gelar juara Piala AFF 2022 setelah mengalahkan pada laga leg kedua final di Stadion Thammasat, Pathum Thani, Bangkok, Senin, 16 Januari 2023 malam WIB dengan agregat 3-2.

Pada leg pertama kedua tim bermain imbang 2-2. Kemudian di leg kedua kali ini bisa menang dengan skor 1-0. Satu-satunya gol di leg kedua ini dicetak gelandang andalan sekaligus kapten tim Theerathon Bunmathan, pada menit ke-24.

Dikutip dari Bola.net, kemenangan ini membuat Thailand mengukuhkan diri sebagai raja sepak bola ASEAN. Ini adalah gelar ketujuh mereka di pentas Piala AFF. Tim Gajah Perang mendapat gelar terbanyak di antara negara-negara lainnya. Pesaing terdekat Thailand yakni Singapura, baru empat kali menjuarai Piala AFF ini.

Sebagai perbandingan lainnya, Timnas Indonesia belum pernah sekalipun meraih gelar juara turnamen yang dulunya bernama Piala Tiger ini.

Seperti diketahui Timnas Indonesia terhenti di Piala AFF 2022 usai kalah dari pada babak semifinal.

Pada laga leg pertama, timnas Indonesia ditahan imbang 0-0 oleh di SUGBK. Di leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin 9 Januari 2023 pukul 19.30 WIB, Indonesia kalah dengan skor 2-0. Alhasil, anak asuh Shin Tae-yong tak dapat melaju ke final.

Berikut daftar Top Skor Piala AFF 2022:

6 Gol: Teerasil Dangda (Thailand), Nguyen Tien Linh ()

4 Gol: Faisal Halim (Malaysia)

3 Gol: Kenshiro Daniels (Filipina), Maung Maung Lwin (Myanmar), Sebastian Rasmussen (Filipina), Stuart Wilkin (Malaysia)

2 Gol: Reung Bunheing (Kamboja), Peeradon Chamratsamee (Thailand), Egy Maulana Vikri (Indonesia), Shawal Anuar (Singapura), Lim Pisoth (Kamboja), Marc Klok (Indonesia), Dendi Sulistyawan (Indonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here