Friday, 29 March 2024
HomeHiburanFlek Hitam Bikin Gak Pede, Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Flek Hitam Bikin Gak Pede, Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bogordaily.net–  Salah satu masalah kulit wajah yang kerap muncul adalah . Bagi sebagian wanita munculnya menurunkan rasa percaya diri. Berikut dan cara mengatasi seperti dikutip dari Hellosehat.com.

yang menjadi tanda penuaan dini biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari pada kulit secara langsung. bisa muncul di beberapa bagian wajah ketika Anda sering beraktivitas di bawah sinar matahari secara langsung, apalagi tanpa menggunakan tabir surya.

Sinar UV dari matahari bisa merusak sel yang memproduksi melanin, yaitu pigmen yang memberikan warna kulit. Akibatnya, produksi melanin menjadi berlebihan (hiperpigmentasi). di wajah pun muncul, bahkan sebelum Anda berusia 50 tahun.

lain yang muncul di usia muda adalah faktor genetik atau keturunan yang menyebabkan penuaan kulit dini. lebih rentan muncul di usia muda ketika hal ini juga terjadi pada keluarga Anda. Lalu bagaimana mengatasi flek hitam?

Krim dokter

Dokter kulit dapat meresepkan krim pemutih untuk membantu memudarkan bintik-bintik hitam secara bertahap. Krim ini biasanya mengandung hydroquinone dan terkadang retinoid, seperti tretinoin. Krim dari dokter membutuhkan waktu beberapa bulan untuk menghilangkan flek hitam akibat penuaan.

Perlu diperhatikan juga, krim pemutih dengan tretinoin dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar UV. Untuk itu, penting memakai tabir surya baik selama perawatan maupun sesudahnya.

Prosedur medis

Sejumlah prosedur medis juga membantu menghilangkan atau mengurangi flek hitam penuaan. Beberapa prosedur medis untuk menghilangkan flek hitam penuaan.

Chemical skin peeling: prosedur ini menghilangkan lapisan kulit terluar menggunakan bahan kimia, sehingga kulit baru dapat tumbuh.

Dermabrasi: tindakan ini mengikis lapisan luar kulit, sehingga kulit baru dapat tumbuh menggantikannya, tapi butuh waktu selama 3 bulan.

Cryosurgery: prosedur ini membekukan flek hitam penuaan dengan nitrogen cair agar mudah untuk dihilangkan.

Perawatan laser: perawatan ini menggunakan low level laser untuk menghilangkan flek hitam.

Meski begitu, prosedur perawatan kulit juga memiliki efek samping. Berkonsultasilah dengan dokter atau terapis mengenai risiko ini.

Obat-obatan yang dijual bebas

Anda juga bisa membeli obat atau krim yang dijual bebas (over the counter atau OTC) untuk menghilangkan flek hitam penuaan. Obat ini mungkin tidak se-efektif obat yang diresepkan dokter, tetapi bisa membantu menghilangkan hiperpigmentasi. Jika Anda ingin menggunakan krim OTC, pilihlah krim yang mengandung salah satu bahan berikut: asam glikolat, deoksiarbutin, asam alfa hidroksi, dan asam kojic.

Konsumsi makanan tertentu

Ada beberapa makanan yang diklaim bisa mencegah dan mengurangi flek hitam akibat paparan sinar matahari. Berikut manfaat yang membantu mengatasi hiperpigmentasi.

Ikan tuna lantaran mengandung niasin, magnesium, kalium, dan selenium yang baik untuk kulit. Makanan kaya antioksidan, seperti buah-buahan dan kacang-kacangan, berpotensi mencegah kerusakan sel-sel kulit akibat sinar UV.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here