Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaGandeng PMI, RS BSH Sukses Gelar Donor Darah

Gandeng PMI, RS BSH Sukses Gelar Donor Darah

Bogordaily.net – Rumah Sakit (RS) () sukses menyelenggarakan kegiatan donor darah, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia () di Koridor MCU, Gedung B Lantai 1, , pada Rabu 11 Januari 2023.

Kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan dengan tujuan mulia, yaitu menolong sesama, bagi mereka yang sedang dalam keadaan tidak sehat. Karena, setetes darah yang didonorkan dari para pendonor, sangat berarti bagi mereka yang sangat membutuhkan.

Supervisor RS , Elpina mengatakan, kegiatan donor darah tersebut menargetkan puluhan pendonor. Dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mendonorkan darahnya atau melakukan skrining terlebih dahulu.

“Targetnya adalah warga Bogor dan karyawan . Jumlah atau target pendonor yaitu sebanyak 70 orang,” kata Supervisor RS , Elpina kepada Bogordaily.net, Rabu 11 Januari 2023.

Ia menambahkan, sebanyak 55 orang mendaftarkan diri untuk menjadi pendonor di RS , namun ada sekitar 5 orang yang tidak lolos skrining untuk mendonorkan darahnya tersebut. Hal itu tentunya sudah menjadi ketentuan dan peraturan yang harus diterima setiap para pendonor.

Adapun persyaratan yang diterapkan oleh RS bagi masyarakat, sebelum melakukan donor darah yaitu, harus dalam keadaan sehat, usia mulai dari tujuh belas sampai enam puluh tahun, lolos pemeriksaan sebelum mendonor, berat badan minimal 50 kilogram, tekanan darah sistolik 110 sampai 160 mmHg, diastolik 70 sampai 100 mmHg.

Suhu badan 36,5 sampai 37.0⁰C, Hemoglobin 12,5 sampai 17,0 gr atau dl, tidak sedang hamil, haid, menyusui (bagi wanita).

Lalu, tidak sering kejang, dan pingsan, frekuensi donor darah maksimal 5 kali setahun, atau berjarak 3 bulan, tidur cukup minimal 5 jam, bukan pecandu alkohol dan narkoba.

Tidak ada luka pada lengan tempat penusukan penyadapan darah, tidak menerima tranfusi darah satu tahun terakhir, tidak ada riwayat penyakit malaria, hepatitis B, hepatitis C, sifilis dan HIV. Tidak ada riwayat penyakit jantung, hati, paru-paru, ginjal, kanker, serta penyakit kulit kronis.

(Muhammad Irfan )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here