Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaGeger, Kunjungan Menteri Israel ke Kompleks Masjid Al Aqsa

Geger, Kunjungan Menteri Israel ke Kompleks Masjid Al Aqsa

Bogordaily.net – Menteri Keamanan Itamar Ben-Gvir menginjakan kaki ke kompleks Masjid Al Aqsa di Timur pada Selasa, 3 Januari 2023. Kabar itu membuat Pemerintah Indonesia geram.

Kementerian Luar Negeri RI menyebut kunjungan Ben-Gvir merupakan provokasi yang dapat memicu ketegangan dan siklus kekerasan baru di .

“Indonesia menyerukan untuk menghormati status quo yang sudah disepakati bersama dan menghindari aksi dan provokasi yang mencederai tempat-tempat suci di Yerusalem,” tegas Kemlu, Kamis, 5 Januari 2023.

Sebagai tindak lanjut, Indonesia menyerukan agar masyarakat internasional, khususnya Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), untuk terus mendesak menghentikan tindakan yang dapat mempengaruhi stabilitas dan keamanan di kawasan.

Di samping itu, Kemlu menuturkan, Indonesia menekankan kembali proses perdamaian dan berlandaskan prinsip “two state solution” yang telah disepakati bersama.

Kunjungan Ben-Gvir ke kompleks Masjid Al Aqsa telah memancing kemarahan pihak-pihak di , termasuk Hamas. Kelompok itu memperingatkan pihaknya tidak akan tinggal diam jika Ben-Gvir mengubah status quo atas situs tersebut.

Masjid Al-Aqsa merupakan tempat suci ketiga bagi umat Muslim dan situs suci bagi kaum Yahudi yang biasa disebut Temple Mount.

“Temple Mount adalah tempat paling penting bagi orang , dan kami menekankan kebebasan bagi Muslim dan Kristen,” ujar Ben-Gvir seperti dikutip AFP.

Ia kemudian berujar, “Namun, umat Yahudi akan ke Temple Mount, dan mereka yang membuat ancaman harus ditangani dengan tangan besi.”

Setelah kunjungan itu, banyak negara mengutuk langkah , khususnya pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Uni Emirat Arab (UEA) dan China bahkan telah meminta Dewan Keamanan PBB untuk bertemu guna membahas kunjungan tersebut.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here