Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaGempa M 5,9 Guncang Kampung Uighur China

Gempa M 5,9 Guncang Kampung Uighur China

Bogordaily.net–  kembali diguncang bumi. Kali ini bumi berkekuatan magnitudo 5,9 terjadi di wilayah Xinjiang, barat daya , Senin, 30 Januari 2023.

Dikutip dari CNN Indonesia, Pusat Seismologikal Mediteranian Eropa (EMSC) melaporkan pusat gempa berada sekitar 111 kilometer dari tenggara Aral, Xinjiang, pada kedalaman 33 kilometer. Belum ada laporan mengenai dampak dari gempa yang cukup besar tersebut.

Xinjiang merupakan rumah bagi mayoritas etnis Uighur dan minoritas Muslim lainnya.

menjadi salah satu negara di Asia yang sering mengalami gempa bumi. Salah satu gempa terburuk yakni gempa di Sichuan pada 2008 yang menewaskan lebih dari 87 ribu orang dan gempa di Yushu pada 2010 yang menewaskan 2.698 orang.

Sementara itu di tempat terpisah sebelumnya, gempa menerjang Sichuan dan menewaskan 82 orang.

Laporan media pemerintah , People's Daily menyebutkan 34 orang tewas di Kota Ya'an, sementara 40 lainnya meninggal di Prefektur Ganzi.

Reuters juga melaporkan total 259 orang terluka dan 26 lainnya masih hilang akibat gempa tersebut.

Gempa bermagnitudo 6,8 melanda Sichuan pada Senin, 5 September 2022. Ini merupakan gempa terkuat yang mengguncang sejak 2017. melaporkan tiga gempa susulan dengan magnitudo 3 sepanjang hari ini di lokasi pusat gempa sebelumnya.

Lebih dari 21 ribu harus dievakuasi dari area yang rentan mengalami tanah longsor ataupun keruntuhan bangunan. Sampai saat ini, regu penyelamat masih menemukan desa terpencil di wilayah barat daya untuk menemukan orang yang selamat dari bencana ini. Puluhan orang diduga masih terdampar ataupun hilang.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here